UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS IIB SD NEGERI 1 SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS

Nidya Intan Saputri, 1522405066 (2019) UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS IIB SD NEGERI 1 SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
NIDYA INTAN SAPUTRI_UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah mengapa terjadi kesulitan belajar membaca permulaan pada siswa kelas IIB di SD Negeri 1 Sumbang kabupaten Banyumas dan bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca permulaan siswa kelas IIB SD Negeri 1 Sumbangkabupaten Banyumas. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan penyebab terjadinya kesulitan belajar membaca permulaan siswa kelas IIB SD Negeri 1 Sumbang dan solusi terhadap siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca permulaan siswa kelas IIB SD Negeri 1 Sumbang kabupaten Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitian tersebut adalah guru kelas IIB sebagai pelaku utama dalam mengatasi kesulitan belajar membaca permulaan, serta siswa kelas IIB. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca permulaan siswa kelas IIB SD Negeri 1 Sumbang Banyumas.Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah menurut Miles dan Huberman berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, faktor penyebab kesulitan belajar membaca permulaan siswa disebabkan oleh dua faktor. Yang pertama faktor internal dan yang kedua faktor eksternal. Adapun upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca permulaan siswa kelas IIB SD Negeri 1 Sumbang Kabupaten Banyumas melalui pembiasaan membaca yang disebut literasi, memberikan perhatian dan motivasi, memberikan bimbingan ketika ada waktu luang di sekolah, pemberian jam tambahan bimbingan belajar sepulang sekolah, dan pendekatan orangtua untuk mengkomunikasikan perkembangan anaknya. Hal ini dilakukan guru dalam rangka mengatasi kesulitan belajar membaca permulaan siswa kelas IIB SD Negeri 1 Sumbang Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Membaca Permulaan.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 02 Aug 2019 02:53
Last Modified: 02 Aug 2019 02:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5854

Actions (login required)

View Item View Item