PENERAPAN METODE MAKE A MATCH PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI MA’ARIF NU 1 KRACAK KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

NAJIHATUN NISA, 1522405106 (2019) PENERAPAN METODE MAKE A MATCH PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI MA’ARIF NU 1 KRACAK KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (791kB) | Preview
[img] Text
FUEL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Metode make a match merupakan salah satu metode pembelajaranyang dalam pelaksanaannya menggunakan kartu jawaban dan soal sebagai media dimana siswa diminta untuk mencocokkan kartu dengan siswa lain yang memiliki kartu dengan jawaban dan soal yang cocok dengan kartu yang dipegang oleh siswa tersebut. Metode ini mengandung unsur permainan sehingga suasana belajar lebih menyenangkan dan siswa tidak merasa bosan. Tujuan dari Metode make a match adalah memberi kesempatan kepada siswa untuk lebih aktif, melatih keberanian siswa untuk tampil presentasi, membantu mempermudah siswa untuk mengingat dan memahami materi pembelajaran dengan baik. Metode make a match dapat diterapkan untuk semua mata pelajaran dan tingkatan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode pembelajaran make a match pada pembelajaran tematik di MI Ma’arif NU 1 Kracak Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran make a match pada pembelajaran tematik di MI Ma’arif NU 1 Kracak dalam penerapannya berdampak pada meningkatnya nilai atau prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan siswa mampu memahami teori yang disampaikan guru, dan siswa tidak mudah lupa dengan materi yang sudah diberikan oleh guru. Siswa juga dapat mencocokan kartu dengan benar. Selain itu, siswa juga aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran. Dalam penerapannya ada tiga tahap yang harus dilalui yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan juga evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Make a Match, Pembelajaran Tematik.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 02 Aug 2019 02:26
Last Modified: 02 Aug 2019 02:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5852

Actions (login required)

View Item View Item