Aji Madia Abdurrohman, 1522405003) (2019) PENGEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK PADA SISWA MELALUI EKSTRAKURIKULER TAPAK SUCI DI SD MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.
Text
AJI MADIA ABDURROHMAN_PENGEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK PAD.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Legg dan Hutter mendefinisian kecerdasan adalah properti dimiliki seorang individu untuk berinteraksi dengan lingkungannya. Dalam hal ini, salah satu jenis kecerdasan yang dikemukakan oleh Howard Gardner adalah kecerdasan kinestetik. Kecerdasan kecerdasan kinestetik adalah kemampuan yang dimiliki peserta didik dalam menggunakan seluruh tubuhnya untuk mengekspresikan ide dan perasaan atau menggunakan kedua tangan untuk menghasilkan dan mentransformasikan sesuatu. Sekolah sebagai lembaga pendidikan yang selama ini dipercaya mendidik, tentunya harus berperan dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik anak. Salah satu kegiatan yang dapat menunjang kecerdasan kinestetik di sekolah adalah melalui ekstrakurikuler tapak suci. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif-kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah 1 Purwokerto. Subjek penelitian adalah pelatih ekstrakurikuler tapak suci, kepala sekolah, siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tapak suci, serta orang tuasiswa yang mengikuti ekstrakurikuler tapak suci. Objek penelitian adalah pengembangan kecerdasan kinestetik pada siswa melalui ekstrakurikuler tapak suci. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tujuan dari peneliti adalah mendeskripsikan bagaimana pengembangan kecerdasan kinestetik pada siswa melalui ekstrakurikuler tapak suci. Hasil penelitian menunjukan bahwa SD Muhammadiyah 1 Purwokerto merupakan salah satu sekolah yang melaksanakan pengembangan kecerdasan kinestetik pada siswa melalui ekstrakurikuler tapak suci. Ada berbagai cara yang dilakukan dalam pengembangan kecerdasan kinestetik pada siswa, yaitu dengan mengikuti ekstrakurikuler tapak suci, melakukan olahraga fisik berupa pemanasan, mempelajari serta mempraktekan gerakan teknik dasar dan jurus tapak suci, berlatih gerakan tapak suci dengan intruksi, menguasai gerakan halus seperti pukulan dalam tapak suci, berlatih gerakan tapak suci dan fisik di rumah, memantau siswa sertamemberi kesempatan untuk berlatih tanding “sparing” dan memberi kesempatan siswa mengikuti ajang perlombaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Kecerdasan, Kinestetik, Ekstrakurikuler, Tapak Suci |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 02 Aug 2019 01:55 |
Last Modified: | 02 Aug 2019 01:55 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5850 |
Actions (login required)
View Item |