Irna Fatmah, 1223301071 (2019) PelaksanaanRewarddanPunishment dalamPembelajaranPendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri 2 PurwanegaraKecamatanPurwokerto Utara KabupatenBanyumas. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf Download (342kB) | Preview |
|
Text
PELAKSANAAN REWARD DAN PUNISHMENT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan yang berkualitasberawaldaripembelajaran yang berkualitas.Sedangkanpembelajaran yang berkualitassangatditentukanolehkepiawaianseorang guru dalamdalammengelolapembelajaran di kelasnya.Salah satupermasalahan yang munculdalamtingkatanpembelajaran di kelasseringkalimenyangkutmasalah-masalahsepertiterlambatmasukkelas, mencontekpadasaatulangan, bercandadengantemanpadasaat guru menerangkanpelajaran, danmengantukpadasaatpembelajaranberlangsung. Hal tersebuttentutidakbolehdibiarkan, karenasekecilapapunpermasalahan yang muncul di kelasjikadibiarkanakanmenjadicontoh (modeling) bagisiswalainya, maka guru perlumemberikannyapunishment. Sebaliknyajikasiswamelakukankebaikanmakasiswadiberikanreward agar dapatmemotivasisecaraektrinsikdandapatmenjaditeladanbagiteman-temannya. Penelitianinibertujuanuntukmenggambarkanbentuk-bentukrewarddanpunishment yang yangditerapkandalampembelajaranPendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri 2 PurwanegaradanmendeskripsikanbagaimanapelaksanaanrewarddanpunishmentdalampembelajaranPendidikan Agama Islamdan Budi Pekerti di SD Negeri 2 Purwanegara. Jenispenelitianiniadalahpenelitianlapanganataufield researchdimanapenelititerjunlangsungkelapanganuntukmemperoleh data daninformasiterkaitdenganpenelitian yang dilakukan.Penelitianinidisajikandalambentukdeskriptifdengantujuanuntukmbarkansuatu proses yang terjadi di lapangan. Sedangkanpendekatan yang digunakanadalahpendekatankualitatif.Sedangkanteknikpengumpulan data yang digunakanadalahobservasi, wawancara, dandokumentasi.SedangkanteknikanalisisdatanyameggunakanModel Miles and Huberman yang terdiridarireduksi data, penyajian data, danverifikasi. Hasilpenelitianmenunjukanbahwapelaksananrewarddalampembelajarandiberikandalambentuk-bentukrewardsepertipujianlisan, pujianisyarat, perhatian, penguatansimbolik, penguatankegiatan, sertanilaidanpenghargaan. Sedangkanpunishmentdiberikandalambentukantara lain teguranlisan, teguranisyarat, memberikananaktugasbersih-bersih, berdiri di depankelas, menyuruhanakuntukmemintamaaf, sertamenyuruhanakutukberjanji agar tidakmengulangilagikesalahanya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reward, Punishment. |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 31 Jul 2019 03:41 |
Last Modified: | 31 Jul 2019 03:41 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5805 |
Actions (login required)
View Item |