Seli Widiarti, 1522405074 (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA KELAS 1 TEMA LINGKUNGAN DALAM KURIKULUM 2013 DI MI DIPONEGORO 1 PURWOKERTO LOR BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
SELI WIDIARTI_IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA KELAS 1.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Tujuanpenelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi mengenai implementasi pembelajaran tematik kurikulum 2013 yang diterapkan di kelas 1 mulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran khususnya pada tema Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri di MI Diponegoro 1 Purwokerto Lor Banyumas. Dilaksanakannya pembelajaran tematik di MI Diponegoro 1 Purwokerto Lor Banyumas dilatarbelakangi oleh adanya keputusan pemerintah mengenai anjuran penerapan kurikulum 2013 diseluruh sekolah maupun madrasah baik tingkat dasar, menengah maupun lanjutan. Selain itu, dengan adanya fasilitas dan prestasi yang memadai di MI Diponegoro 1 Purwokerto Lor Banyumas menjadikan madrasah tersebut layak untuk menerapkan pembelajaran tematik kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengumpulkan informasi mengenai keadaan pada saat penelitian dilakukan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini adalah Kepala Madrasah, guru kelas, siswa, dan wali murid. Sedangkan teknis analisis data dalam penelitian ini yang selama di lapangan menggunakan model Miles and Huberman, yaitu dengan data reduktion (reduksi data), data display (penyajian data), dan Conclusing Drawing/Verifying(penarikan kesimpulan). Melalui analisis data kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran tematik pada kelas 1 tema Lingkungan di MI Diponegoro 1 Purwokerto Lor Banyumas dilakukan dalam tiga tahap yaitu: (a) tahap perencanaan pembelajaran, pada tahap ini guru membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam setiap pembelajarannya dengan berpedoman pada silabus, buku pegangan guru, dan buku siswa, (b) tahap pelaksanaan pembelajaran, pada tahap ini guru menggunakan pendekatan saintifik dalam pembelajaran yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan, (c) tahap evaluasi pembelajaran, tahap ini dilaksanakan dengan dua teknik yaitu tes lisandan tes tertulis. Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, Kurikulum 2013, Tema Lingkungan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Tematik, Kurikulum 2013, Tema Lingkungan |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 31 Jul 2019 03:16 |
Last Modified: | 31 Jul 2019 03:16 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5802 |
Actions (login required)
View Item |