UPAYA GURU DALAM MENGATASIPROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK BAGI ANAK TUNAGRAHITA DI SLB C DAN C1 YAKUT PURWOKERTO KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS

RISNA FRIDIASTI, 1522402075 (2019) UPAYA GURU DALAM MENGATASIPROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK BAGI ANAK TUNAGRAHITA DI SLB C DAN C1 YAKUT PURWOKERTO KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER BAB I BAB V DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Upaya Guru Dalam Mengatasi Problematika Pembelajaran Akidah .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan: 1) Apasajaproblematikapembelajaranakidahakhlak bagi anak tunagrahita di kelas VIIISLB C dan C1 Yakut Purwokerto, 2) Apa upaya yang dilakukanuntuk menanganiproblematikapembelajaranakidahakhlakbagi anak tunagrahita di kelas VIII SLB C dan C1 Yakut Purwokerto. Penelitianinimerupakan penelitian lapangan (Field Research). Dengan mengambillatar SLB C dan C1 Yakut PurwokertoKabupatenBanyumas. Obyek penelitian ini adalah kelas VIII SLB C dan C1 Yakut Purwokerto, data diambil dari Kepala Sekolah, tata usaha, guru dan siswa. Pengumpulan data dilakukandenganmetodeobservasi, wawancara, dandokumentasi.Analisis data menggunakanreduksi data, penyajian data, danpenarikankesimpulan. Hasilpenelitianmenunjukkan : 1) Problematikapembelajaranakidahakhlakbagianaktunagrahitaada 2 faktor, faktor yang bersumberdaripesertadidikdanlingkungansekolah. Problematika yang bersumberdaripesertadidikada 3 yaitusiswasulitmenangkapmateri, mood siswalabil, dansiswabelummengimplementasikanmateridalamkehidupansehari-hari.Sedangkanproblematika yang bersumberdarilingkungansekolahada 2 yaituterbatasnyawaktudankurangnyabukupenunjang. 2) Upaya yang dilakukanterkaitsiswasulitmenangkapmateriyaitu guru memberikanperumpamaan-perumpamaandalampembelajaran. Mengenai mood siswa yang masihlabilitu guru melakukansimulasi-simulasidalam proses pembelajaran.Mengenaisiswa yang belummenerapkanmateriakidahakhlakdalamkehidupansehari-hariadalahdenganmelakukanpembiasaan.Mengenaiterbatasnyawaktu yang tersediayaitu guru memberikantugastambahanberupapekerjaanrumah.Sedangkanuntuk problem kurangnyabukupenunjangyaitu guru mencaribahanmateriakidahakhlak di luarsekolahsebagaibahanpendukungmateriakidahakhlak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ProblematikaPembelajaran, PembelajaranAkidahAkhlak, AnakTunagrahita. \
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 30 Jul 2019 08:30
Last Modified: 30 Jul 2019 08:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5794

Actions (login required)

View Item View Item