UPAYA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TUIS AL-QUR’ANDI MIN 1 BANYUMAS

Almuhasim, 1522401048 (2019) UPAYA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TUIS AL-QUR’ANDI MIN 1 BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
ALMUHASIM_UPAYA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA T.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (811kB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dari penelitian ini yaitu salah satu permasalahan madrasah sebagai lembaga pendidikan populis telah mengalami proses modernisasi yang berlangsung secara terus menerus. Dalam idealisme masyarakat visi dan misi keislaman tidak boleh pudar apalagi hilang sama sekali. Sebab madrasah dipandang sebagai lembaga pendidikan yang mencitrakan jadi diri Islam. Oleh karena itu perlakukan kepada madrasah dan siswanya haruslah berpedoman kepada visi dan misi yang terkait langsung dengan mewujudkan Islam sebagai ajarannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah maka daat dirumuskan permasalahan yaitu Bagaimana upaya madrasah dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an bagi siswa MIN 1 Banyumas Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang upaya madrasah dalam meningkatkan kemampun baca dan tulis Al-Qur’an siswa di MIN 1 Banyumas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang berdasarkan data-data di lapangan dan dokumen-dokumen yang menunjang. Dalam penelitian ini juga berisi data dari wawancara dengan kepala madrasah, guru-guru baca tulis Al Quran, guru pembimbing tahfidz, dokumentasi dan hasil observasi yang penulis lakukan di beberapa kelas di MIN 1 Banyumas. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa upaya yang dilakukan oleh madrasah dalam meningkatkan kemampuan baca dan tulis Al-Qur’an siswa di MIN 1 Banyumas adalah pertama madrasah medatangkan guru dari luar untuk memberikikan bekal kepada guru-guru di MIN 1 Banyumas, kedua Madrasah medatangkan guru pendamping dari luar madrasah guna membantu proses pembelajaran baca tulis Al-Qur’an, ketiga madrasah mengadakan pertemuan rutin satu minggu sekali guna membahas program baca tulis Al-Qur’an, ngaji bersama, serta melakukan evaluasi terhadap program yang sudah berjalan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Madrasah, Kemampuan, Baca Tulis Al-Qur’an
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 29 Jul 2019 02:13
Last Modified: 29 Jul 2019 02:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5738

Actions (login required)

View Item View Item