PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPATSISWA KELAS VII SMP N 8 PURWOKERTO

Irvan Hidayat, 1522407019 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPATSISWA KELAS VII SMP N 8 PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (402kB) | Preview
[img] Text
IRVAN HIDAYAT_PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, .pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB)

Abstract

CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) adalah suatu model pembelajaran yang memiliki desain mengontruksi kemampuan siswa dengan cara menghubungkan dan mongorganisasikan pengetahuan, kemudian memikirkan kembali konsep yang sedang dipelajari. Melalui pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat memperluas pengetahuan mereka selama proses pembelajaran. Pemahaman matematis adalah kemampuan menyerap dan memahami ide-ide matematika.Pemahaman konsep merupakan salah satu kecakapan atau kemahiran matematika yang diharapkan dapat tercapai dalam belajar matematika yaitu dengan menunjukkan pemahaman konsep matematika yang dipelajarinya, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma secara luwes, akurat, efisien, dan tepat dalam pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran CORE terhadap pemahaman konsep bangun datar segi empat siswa kelas VII SMP N 8 Purwokerto. Adapun latar belakang penelitian ini karena masih rendahnya pemahaman konsep matematika siswa SMP N 8 Purwokerto yang disebabkan variasi mengajar guru masih tergolong sedikit sehingga pembelajaran terkesan membosankan. Akibatnya kemampuan pemahaman matematika siswa tidak berkembang maksimal. Maka dari itu guru haruslah sanggup memlih model pembelajaran yang tepat guna memaksimalkan kemampuan matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini mengambil kelas VII A sebagai kelas Kontrol dan kelas VII E sebagai kelas Eksperimen. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa hasil pretest dan posttest siswa. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) terhadap pemahaman konsep bangun datar siswa kelas VII SMP N 8 Purwokerto. Hal ini terlihat dari rata-rata N-Gain kelas eksperimen yaitu 0,7 (kategori sedang) yang lebih besar dari rata-rata N-Gain kelas kontrol yaitu 0,3 (kategori rendah).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CORE, Pemahaman Konsep, Bangun Datar Segi Empat
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 26 Jul 2019 08:10
Last Modified: 30 Jul 2019 07:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5724

Actions (login required)

View Item View Item