Peran Pengawas Madrasah Ibtidaiyah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Raudlatul Athfal Se- Kecamatan Cilongok

Sukanti, Sukanti (2019) Peran Pengawas Madrasah Ibtidaiyah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Raudlatul Athfal Se- Kecamatan Cilongok. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (470kB) | Preview
[img] Text
Sukanti_Peran Pengawas Madrasah Ibtidaiyyah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Raudlatul Athfal Se-Kecamatan Cilongok.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa Raudlatul Athfal Kecamatan Cilongok merupakan jenjang pendidikan Anak Usia Dini di bawah naungan Kementrian Agama Kabupaten Banyumas. Oleh karena itu peran Pengawas Madrasah Ibtidaiyah sebagai supervisor sangat diperlukan dalam membantu dan membina kemajuan mutu pendidikan. Rumusan masalah yang ada dalam skripsi ini adalah bagaimana Peran Pengawas Madrasah Ibtidaiyah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Raudlatl Athfal. Penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Metode analisis data yang digunakan penulis adalah bentuk deskriptif analisis dengan cara berfikir induktif yaitu berangkat dari fakta-fakta khusus kemudian di generalisasikan yang bersifat umum berupa reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Peran Pengawas Madrasah Ibtidaiyah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Raudlatul Athfal Se- Kecamatan Cilongok dapat terlaksana dengan cara mensupervisi kegiatan pembelajaran guru, administrasi guru kelas dan administras kepala Raudlatul Athfal, peningkatan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan program pengajaran dan pengerjaan administrasi yang baik serta sarana dan prasarana yang memadai. Pelaksanaan supervisi Raudlatul Athfal Kecamatan Cilongok sudah berjalan dengan baik. Karena pembinaannya bukan mendikte akan tetapi mengarahkan agar supaya mutu pendidikan menjadi lebih baik dan maju. Pada dasarnya adanya medan yang kurang baik,terbatasnya jumlah pengawas serta tidak adanya pengawas khusus untuk Raudlatul Athfal/ Bustanul Athfal menjadi kendala terlaksananya kegiatan supervisi. Dalam menghadapi kendala tersebut pengawas melaksanakan supervisi hanya satu orang guru dan satu orang kepala Raudlatul Athfal sedangkan pelaksanaan pembinaannya dilaksanakan dengan bersama-sama dalam suatu pertemuan-pertemuan guru dan kepala Raudlatul Athfal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengawas, Supervisor, Pendidikan.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.321 Bustanul Atfal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sdr Muta Ali Arauf
Date Deposited: 12 Aug 2019 03:31
Last Modified: 12 Aug 2019 03:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5708

Actions (login required)

View Item View Item