The Improvement of Teacher Competencies at MI Istiqomah Sambas Purbalingga

Lutfiya Sri, Hidayah (2019) The Improvement of Teacher Competencies at MI Istiqomah Sambas Purbalingga. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
LUTFIYA SRI HIDAYAH_ HUMAN RESOURCE MANAGEMENT AS A MEANS TO IMPROVE TEACHERS' COMPETENCIES( A Case Study at MI Istiqomah S.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
LUTFIYA SRI HIDAYAH_ HUMAN RESOURCE MANAGEMENT AS A MEANS TO IMPROVE TEACHERS' COMPETENCIES( A Case Study at MI Istiqomah S.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Guru sebagai Sumber Daya Manusia yang handal dalam mengelola pendidikan menjadi tumpuan utama untuk mencapai tujuan pendidikan. Peran guru yang profesional dapat menumbuhkan kualitas pendidikan Indonesia, maka kebutuhan utama yang harus diperhatikan agar guru-guru memiliki kompetensi-kompetensi yang memadai. Kompetensi tersebut meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian, dan kompetensi professional. Oleh sebab itu dalam rangka menjadikan guru sebagai tenaga profesional maka perlu diadakan Peningkatan kompetensi guru melalui pembinaan secara terus menerus dan berkesinambungan. Dengan guru meningkatkan kompetensinya, maka akan menjadikan visi guru mampu membaca perkembangan zaman dengan baik dan mampu membuat peserta didik meraih berbagai prestasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan obserrvasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode Miles Huberman, sedangkan pengujian keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Peneliti menemukan bahwa manajemen sumber daya manusia sebagai upaya dalam meningkatkan kompetensi guru di MI Istiqomah Sambas Purbalingga dilakukan melalui program pengembangan kompetensi guru dalam bentuk pendidikan dan pelatihan yang fokus pada peningkatan kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional guru. Peningkatan kompetensi pedagogik dan profesional dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan dalam bentuk yang sama yaitu Inhouse training, program magang, kemitraan sekolah, pembinaan internal sekolah, dan pendidikan lanjut. Peningkatan kompetensi kepribadian dan sosial, kegiatan pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan lebih ditekankan dalam kegiatan pembinaan internal langsung dari sekolah. Terdapat implikasi positif dari program pengembangan kompetensi guru yang dilakukan oleh MI Istiqomah Sambas Purbalingga, yaitu dibuktikan dengan pencapaian prestasi yang telah diakui baik di tingkat nasional maupun internasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sumber Daya Manusia, Kompetensi Guru, MI Istiqomah Sambas Purbalingga
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdr Muta Ali Arauf
Date Deposited: 26 Jul 2019 00:55
Last Modified: 26 Jul 2019 00:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5664

Actions (login required)

View Item View Item