MANAJEMEN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SD MUHAMMADIYAH WILAYAH KECAMATAN MAJENANG KABUPATEN CILACAP

Haryono, 1423402050 (2019) MANAJEMEN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SD MUHAMMADIYAH WILAYAH KECAMATAN MAJENANG KABUPATEN CILACAP. Masters thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA - Copy.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
HARYONO_MANAJEMEN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SD MUHAMMADIYAH .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler di suatu lembaga pendidikan menjadi salah satu indikator kualitas pendidikan di dalamnya secara menyeluruh. Bahkan, dalam sekolah-sekolah unggulan ekstrakurikuler mendapatkan prioritas utama dalam rangka mengangkat prestige sekolah yang dikelolanya. Fokus penelitian ini adalah adanya menejemen kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan mutu Sekolah. Pertanyaan Penelitian ini adalah bagaimana Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Sekolah Dasar Muhammadiyah Wilayah Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan uji kredibilitas, uji transferability, uji dependability, dan uji confirmability. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana 2014 yaitu pengumpulan data, data condensation, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan: (1) manajemen kegiatan ekstrakurikuler di SD Muhammadiyah Wilayah Kecamatan Majenang Kabupatren Cilacap meliputi: pertama, Perencanan kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan setiap awal tahun ajaran baru. Hal yang direncanakan adalah guru, siswa, sarana dan jadwal kegiatan; kedua, Pelaksanan kegiatan ekstrakurikuler dikelompokan menjadi dua yaitu, ekstrakurikuler wajib dan ekstrakurikuler pilihan. Kegiatan ekstrakurikuler berjalan disetiap harinya sesuai dengan jadwal yang telah disusun; ketiga, Evaluasi kegiatan ekastrakurikuler dilakukan setiap tiga bulan sekali. Hal yang dievaluasi meliputi target yang tela h ditetapkan, seperti target juara yang ingin diraih sekolah; (2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler yaitu sarana dan prasarana, dana, siswa, serta guru pembina yang kompeten dibidangnya. Faktor yang menghambatnya yaitu kehadiran siswa, kekurangan dana, dan ada juga faktor cuaca; (3) Kualitas pendidikan setelah diadakannya manajemen kegiatan ekstrakurikuler tergolong baik dan semakin meningkat. Dilihat dari proses pendidikannya yang berjalan dengan lancar, dan berkat adanya manajemen kegiatan ekstrakurkuler yang baik, SD Muhammadiyah Wilayah Kecamatn Majenang Kabupaten Cilacap dapat meraih prestasi non akademik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Ekstrakurikuler, Manajemen Ekstrakurikuler
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 20 Jul 2019 03:36
Last Modified: 20 Jul 2019 03:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5549

Actions (login required)

View Item View Item