PENGEMBANGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI MA’ARIF NU CIBEREM KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS

Ruswati, 1123305031 (2019) PENGEMBANGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI MA’ARIF NU CIBEREM KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (828kB) | Preview
[img] Text
Ruswati_Pengembangan Motivasi Belajar Siswa di MI Ma'arif Nu Ciberem.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kegiatan pendidikan dan pengajaran pada dasarnya telah ada sejak adanya manusia di bumi ini dengan peradabannya. Pendidikan seharusnya dilaksanakan dengan upaya – upaya yang maksimal agar bisa mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran yang kondusif. Perkembangan anak itu berbeda-beda, baik dalam intelegensi, bakat, minat, kreatifitas, kematangan sosial, kepribadian, keadaan jasmani dan keadaan sosialnya. Perbedaan perkembangan ini secara jelas dapat dilihat dari motivasi belajar siswa selama proses belajar mengajar atau proses pembelajaran. Motivasi belajar yang dimiliki setiap siswa berbeda-beda sesuai dengan latar belakang atau faktor yang mempengaruhi. Motivasi belajar sebagai daya penggerak yang mampu membangkitkan gairah, semangat dan rasa senang siswa dalam belajar sehingga siswa tersebut dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Maka dari itu motivasi belajar mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah “bagaimana upaya guru dalam pengembangan motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika di MI Ma’arif NU Ciberem kecamatan sumbang kabupaten banyumas” penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif-kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di MI Ma’arif NU Ciberem. Subjek penulisan adalah guru kelas V, kepala sekolah. Objek penulisan adalah upaya pengembangan motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika di MI Ma’arif NU Ciberem. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis data kualitatif. Dari tahap sejak reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MI Ma’arif NU Ciberem upaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika guru menggunakan beberapa cara yaitu menjelaskan tujuan pembelajaran, memberikan ulangan dan tugas, reward atau hadiah, menumbuhkan minat, membuat persaingan yang sehat, memberitahukan hasil kerja siswa, dan memberikan hukuman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, motivasi belajar siswa, pembelajaran matematika
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 20 Jul 2019 02:48
Last Modified: 20 Jul 2019 02:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5543

Actions (login required)

View Item View Item