ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH AL-IKHSAN BEJI KABUPATEN BANYUMAS

Fina Ziyyanna Abidah, 1522402009 (2019) ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH AL-IKHSAN BEJI KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (456kB) | Preview
[img] Text
FINA ZIYYANNA ABIDAH_ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Evaluasi hasil belajar adalah pengambilan keputusan berdasarkan hasil pengukuran dan standar kriteria sesuai rencana pembelajaran. Maka, evaluasi hasil belajar merupakan kegiatan yang sangat penting dalam suatu pembelajaran. Tes adalah salah satu alat evaluasi yang sistematis dan obyektif untuk mengetahui hasil pelajaran tertentu seseorang atau sekelompok murid dengan cara yang cepat dan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir Soal Penilaian Akhir Tahun Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI di Madrasah Aliyah Al-Ikhsan Beji Kabupaten Banyumas yang ditinjau dari segi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektifitas pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Data diperoleh dengan metode wawancara dan dokumentasi, yaitu: soal, kunci jawaban, dan jawaban peserta tes. Data kemudian dianalisis dengan program ANATES versi 4.00. Hasil penelitian menunjukkan soal Penilaian Akhir Tahun Mata Pelajaran SKI Kelas XI di MA Al-Ikhsan Beji Tahun Ajaran 2017/2018 dari segi validitas soal dapat diterima/valid dengan soal valid berjumlah 27 soal ( 54%) dan soal tidak valid 23 soal (46%). Reliabilitas soal termasuk dalam kategori yang sangat tinggi yaitu memiliki koefisien 0,84. Berdasarkan tingkat kesukaran soal, termasuk butir soal yang sangat sukar berjumlah 7 soal (14%), sukar 11 soal (22%), sedang 29 soal (58%), mudah 2 soal (4%) dan sangat mudah 1 soal (2%). Berdasarkan daya pembeda, termasuk butir soal yang sangat baik berjumlah 6 soal (12%), baik 19 soal (38%), cukup 5 soal (10%), jelek 15 soal (30%), dan sangat jelek 5 soal (10%). Berdasarkan efektifitas pengecoh, termasuk butir soal yang berfungsi berjumlah 30 soal (60%), soal yang tidak berfungsi berjumlah 20 soal (40%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, dan Efektifitas Pengecoh.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 20 Jul 2019 02:27
Last Modified: 20 Jul 2019 02:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5540

Actions (login required)

View Item View Item