NILAI KARAKTER DALAM CERITA ANAK BUKU PANGERAN LUPA KARYA HERU KURNIAWAN DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

Damayanti, Irna Novia (2019) NILAI KARAKTER DALAM CERITA ANAK BUKU PANGERAN LUPA KARYA HERU KURNIAWAN DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (543kB) | Preview
[img] Text
IRNA NOVIA DAMAYANTI_NILAI KARAKTER DALAM CERITA ANAK BUKU PANGERAN LUPA KARYA HERU KURNIAWAN DAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Dalam lingkungan sekolah, cerita biasanya hanya dikaitkan dengan pelajaran pendidikan Bahasa Indoneisa. Padahal, cerita juga dihubungkan dengan pelajaran lain. Salah satunya pelajaran atau materi Pendidiakan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian ini berfokus kepada anak maka cerita yang digunakan adalah cerita anak. Dengan demikian, permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana pemaknaan nilai karakter dalam kumpulan cerita anak Pangeran Lupa karya Heru Kurniawan dan bagaimana relevansi nilai karakter yang terdapat dalam kumpulan cerita anak Pangeran Lupa karya Heru Kurniawan dengan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Metode penelitian ini mengarah pada deskriptif analisis. Deskriptif analisis untuk mengkaji nilai karakter dan relevansinya dengan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam cerita anak karya Heru Kurniawan. Metode ini cocok digunakan karena dalam hal ini peneliti meneliti bentuk karya sastra yang berupa cerita. Peneliti mendeskripsikan fakta-fakta yang kemudian disusul dengan analisis. Adapun yang menjadi sumber data primer dalam penelitian ini adalah kumpulan cerita karya Pangeran Lupa karya Heru Kurniawan sebagai obyek yang akan diteliti terdiri dari 20 judul cerita. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca dan catat, teknik dokumentasi dan wawancara. Hasil dalam penelitian ini, meunjukkan bahwa pada unsur instrinsik ada kekhasan tersendiri setelah penulis meganalisis gaya cerita Heru Kurniawan pada Buku Pangeran lupa. Heru lebih banyak menggunakan tema persahabatan pada bukunya. Pada unsur ekstrinsik dalam cerita yang berhubungan dengan nilai karakter penulis menemukannya pada banyak bagian. Ketiga, cerita anak buku Pangeran Lupa Karya Heru Kurniawan memiliki Relevansi dengan materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Nilai terseut bisa diajarka denga cara aak memaca sendiri cerita anaknya, dibacakan oleh guru atau orang tua dan bisa juga dengan cara menceritakan kembali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai karakter, cerita anak, Pedidiakn Pancasila dan Kewargaegaraan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 20 Jul 2019 06:10
Last Modified: 20 Jul 2019 06:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5528

Actions (login required)

View Item View Item