KREATIVITAS GURU PAI DALAM PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DI SD NEGERI 2 KEMANGKON TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Nofa Mustofa Jamal, NIM. 1323301185 (2019) KREATIVITAS GURU PAI DALAM PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DI SD NEGERI 2 KEMANGKON TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KREATIVITAS GURU DALAM PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DI SD NEGERI 2 KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA.pdf

Download (881kB) | Preview

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran kreativitas sangat diperlukan agar guru dapat menjalankan tugas dan perannya dalam pembelajaran dengan maksimal. Guru yang kreatif adalah guru yang dapat menampilkan ide baru atau yang relatif berbeda dalam pembelajaran. Bentuk kreativitas yang dapat ditunjukan guru dalam pembelajaran adalah dengan memanfaatan sumber belajar. Sumber belajar selain membantu guru dalam menyampaikan materi pelajaran, juga dapat digunakan untuk menarik perhatian peserta didik, sehingga pembelajaran akan lebih menyenangkan, dan peserta didik lebih mudah dikondisikan. Dengan memanfaatkan sumber belajar guru memberikan tampilan yang baru saat pembelajaran agar proses pembelajaran tidak membosankan. Oleh sebab itu, kreativitas guru dalam pemanfaatan sumber belajar hendaknya menjadi hal yang harus ada agar dapat meningkatkan mutu pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas guru PAI dalam pemanfaatan sumber belajar di SD Negeri 2 Kemangkon tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis melakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bentuk-bentuk kreativitas yang ditunjukan oleh guru PAI dalam proses pembelajaran melalui pemanfaatan sumber belajar seperti person, proses dan produk. Bentuk-bentuk kreativitas tersebut ditunjukan oleh guru dalam proses pembelajaran melalui pemanfaatan sumber belajar seperti 1) Bentuk kreativitas proses memanfaatkan sumber belajar buku, video, puzzle, gambar, dan lingkungan yang dikombinasikan. 2) Bentuk kreativitas proses memanfaatkan sumber belajar lingkungan, buku, gambar, sort card dan video 3) Bentuk kreativitas produk memanfaatkan video, dan puzzle. Sumber belajar yang digunakan sudah sesuai dengan materi. Guru juga menguasai tentang sumber belajar yang dipilih dengan baik sehingga pelaksanaanya sesuai dengan yang diharapkan. Pemanfaatan sumber belajar tersebut telah lebih baik, teratur, menarik dan terarah dan sudah sesuai dengan teori.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru dalam pemanfaatan sumber belajar, SD Negeri 2 Kemangkon
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.5 Creative Arts for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 15 May 2019 03:22
Last Modified: 15 May 2019 03:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5450

Actions (login required)

View Item View Item