EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KETERAMPILAN DI SMP NEGERI 4 SUMBANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

YEKTI FIDIANINGRUM, NIM.1423303040 (2019) EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KETERAMPILAN DI SMP NEGERI 4 SUMBANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
COVER, BAB I, BAB II, DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB)
[img] Text
YEKTI FIDIANINGRUM_EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KETERAMPILAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan keterampilan adalah upaya seseorang untuk mengembangkan potensi dirinya, baik jasmani maupun rohani untuk melaksanakan tugas, dan profesional dalam bidangnya, berpikir sistematis, punya kreasi yang tinggi untuk kehidupan yang lebih sempurna. Di SMP Negeri 4 Sumbang dimana penelitian ini dilakukan, penelitian ini akan mengkaji tentang evaluasi program pendidikan keterampilan yang dilaksanakan oleh SMP Negeri 4 Sumbang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi program pendidikan keterampilan di SMP Negeri 4 Sumbang meliputi evaluasi konteks, evaluasi input, evaluasi process dan evaluasi product. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif yang berupa dokumen tertulis maupun lisan dari orang-orang atau pelaku yang diamati oleh peneliti. Dalam hal ini teknik-teknik dalam mengumpulkan data adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk teknik analisis dan keabsahan data yang penulis pakai menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sasaran penelitiannya adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, guru pembimbing, kordinator program dan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Sumbang. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Evaluasi terhadap Konteks program pendidikan keterampilan meliputi landasan undang-undang sistem pendidikan nasional, visi, misi, latar latar belakang kebutuhan masyarakat, identifikasi kelemahan dan kekuatan, serta wujud perbaikan program sebelumnya.(2) Evaluasi terhadap input program pendidikan keterampilan yang terdiri dari: (a) Rapat kerja tahunan,(b) membuat tim program,(c) pemilihan keterampilan,(d) penyusunan program kerja keterampilan,(e) pemenuhan kebutuhan (Mou) dengan SMK,(f) sosialisasi peserta didik, (g) persiapan monitoring pelaksanaan program. (3) Evaluasi terhadap Process program pendidikan keterampilan yang terdiri dari: (a) persiapan pembimbing keterampilan,(b) penataan sarana dan prasarana,(c) mengkondisikan peserta didik,(d) praktek keterampilan,(f) penilaian. Pelaksanaan masing – masing program keterampilan antara lain (a) pemberian teori, (b) pengarahan praktik,(c) praktik,(d) penilaian.(4) Evaluasi terhadap Product program pendidikan keterampilan meliputi manfaat pendidikan keterampilan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program, Pendidikan Keterampilan, Evaluasi Konteks, Evaluasi Input, Evaluasi Process, Evaluasi Product.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3304 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 11 Mar 2019 08:30
Last Modified: 11 Mar 2019 08:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5411

Actions (login required)

View Item View Item