PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PEMANFAATAN MEDIA ALAM SEKITAR DI SD MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA

LISTIYARTI, NIM: 1522603009 (2019) PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PEMANFAATAN MEDIA ALAM SEKITAR DI SD MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABVI_DAFTAR PUSTAKA_LISTIYARTI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LISTIYARTI_PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Contextual Teaching And Learning merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada keterlibatan siswa dalam pembelajaran dengan cara menggali, menemukan, berdiskusi, berfikir kritis, dan mengkonstruksikan sendiri pengetahuan dan keterampilan barunya melalui kerja kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara mendalam penerapan pendekatan Contextual Teaching Learning pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan memanfaatkan media alam sekitar di SD Muhammadiyah 1 Purbalingga, mulai dari pemahaman guru, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajarannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian di SD Muhammadiyah 1 Purbalingga. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Proses perencanaan pembelajaran IPS melalui pendekatan kontekstual, memiliki corak khusus yang diawali dengan penentuan identitas yang meliputi mata pelajaran, kelas, semester dan tahun ajaran. Identitas tersebut ditentukan oleh guru kelas dengan mengacu pada kurikulum dan silabus yang telah ditetapkan. Kedua, pelaksanaan pembelajaran IPS melalui pendekatan kontekstual dengan memanfaatkan media alam sekitar dilaksanakan dengan tiga tahapan, yaitu: (1) Kegiatan awal, yang meliputi: pengkondisian kelas, penyampaian informasi dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. (2) Kegiatan inti sesuai dengan langkah pendekatan kontekstual yang terdiri dari komponen konstruktivism, inquiry, questioning, learning community, modeling, reflection, dan authentic assessment; (3) Kegiatan penutup: membuat rangkuman dari materi yang telah dibahas, melakukan penilaian akhir dengan tes lisan maupun tes tertulis, dan memberikan tindak lanjut dengan menyampaikan rencana pembelajaran pada petemuan berikutnya. Ketiga, Evaluasi pembelajaran IPS dengan pendekatan kontekstual menggunakan sistem penilaian berbasis otentik dengan instrumen penilaian di antaranya: Paper and pencil test, Performance test, Portofolio, Product test, dan Self Assessment.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, CTL, IPS, Media, Alam Sekitar
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Pascasarjana > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 11 Mar 2019 04:07
Last Modified: 11 Mar 2019 04:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5401

Actions (login required)

View Item View Item