KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 2 WIRASANA KECAMATAN PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2018

Rossy Annisa Fadillah, NIM : 1423301245 (2019) KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 2 WIRASANA KECAMATAN PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2018. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I-BAB V_DAFTRA PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB)
[img] Text
Rossy Annisa Fadillah_KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM MEN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi kepribadian guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa dan mengetahui faktor pendukung dan penghamat kompetensi kepribadian guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam perbaikan mutu pembelajaran tingkat Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menekan pada catatan lapangan. Sumber dari penelitian ini adalah metode diskriptif-analisis. Adapun data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan triangulasi metode yang meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi yang nantinya akan diketahui kompetensi kepribadian guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa kelas IV SD Negeri 2 Wirasana Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga Tahun 2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: kompetensi kepribadian guru di SD Negeri 2 Wirasana sudah mampu mengembangkan kecerdasan emosional siswa dengan mengembangkan sikap konsistensi, mengembangkan sikap rendah hati, mengembangkan sikap berusaha dan berserah diri, mengembangkan sikap tulus dan ikhlas, mengembangkan sikap totalitas, dan mengembangkan sikap integritas atau penyempurnaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Kepribadian Guru , Kecerdasan Emosional Siswa.
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology > 155.4 Child Psychology
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 08 Mar 2019 06:11
Last Modified: 08 Mar 2019 06:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5372

Actions (login required)

View Item View Item