OPTIMALISASI KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN OUT DOOR STUDY DI RA ATTAQWA GERENDONG KECAMATAN MANGUNJAYA KABUPATEN PANGANDARAN

ELA LAELATUROHMAH, NIM. 1423311045 (2019) OPTIMALISASI KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN OUT DOOR STUDY DI RA ATTAQWA GERENDONG KECAMATAN MANGUNJAYA KABUPATEN PANGANDARAN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
cover_bab 1_bab 5_daftar pustaka.pdf

Download (472kB) | Preview
[img] Text
OPTIMALISASI KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN OUT DOOR STUDY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB)

Abstract

Keterampilan sosial merupakan bentuk perilaku, perbuatan dan sikap yang ditampilkan oleh individu ketika berinteraksi dengan orang lain disertai dengan ketepatan dan kecepatan sehingga memberikan kenyamanan bagi orang yang ada disekitarnya. Anak yang mengetahui keterampilan sosial, diharapkan belajar untuk menyesuaikan diri terhadap norma kelompok, karena keterampilan sosial merupakan salah satu aspek perkembangan anak yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan anak untuk memulai dan memiliki hubungan sosial. Selain itu kemampuan anak dalam kerjasama juga penting untuk suatu kegiatan atau pergaulan berkelompok. Untuk mengoptimalkan keterampilan sosial anak di RA Attaqwa maka guru menggunakan metode pembelajaran Out Door Study. Metode mengajar di luar kelas atau Out Door Study merupakan upaya mengajak lebih dekat dengan sumber belajar yang sesungguhnya, yaitu alam dan masyarakat. Disisi lain, mengajar di luar kelas merupakan upaya untuk mengarahkan para siswa untuk melakukan aktivitas yang bisa membawa mereka pada perubahan perilaku terhadap lingkungan sekitar. Jadi, mengajar di luar kelas lebih melibatkan siswa secara langsung dengan lingkungan sekitar mereka, sesuai dengan materi yang diajarkan. Sehingga, pendidikan di luar kelas lebih mengacu pada pengalaman dan pendidikan lingkungan yang sangat berpengaruh pada kecerdasan para siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan penelitian ini digolongkan ke dalam kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari guru kelas yang ada di RA Attaqwa dan Kepala Sekolah RA Attaqwa Gerendong. Adapun sumber data tersebut diperoleh melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Out Door Study yang digunakan oleh lembaga RA Attaqwa Gerendong mengembangkan keterampilan sosial atau social skill anak dengan indikator: kerjasama yang didalamnya terdapat poin kekompakkan, gotong royong, kerjasama dalam tim belajar dan kerjasama dalam membangun tanggung jawab. Rasa empati yang didalamnya terdapat poin peduli terhadap lingkungan sekitar, adab dan sopan santun. Bersosialisasi yang didalamnya meliputi bersosialisasi siswa dengan siswa, siswa dengan guru dan siswa dengan wali murid.Kedermawanan yang didalamnya meliputi saling peduli dan saling berbagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan sosial anak usia dini, Out Door Study
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.321 Bustanul Atfal
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 27 Feb 2019 00:00
Last Modified: 27 Feb 2019 00:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5371

Actions (login required)

View Item View Item