IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V MI MA’ARIF NU PLIKEN KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS

ROCHISATUL HIDAYAH, NIM.1423305037 (2019) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V MI MA’ARIF NU PLIKEN KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB)
[img] Text
ROCHISATUL HIDAYAH_IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang peneltian ini adalah adanya kesan bahwa praktek pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial saat ini berpusat pada guru sehingga siswa merasa bosan dan menganggap pembelajaran IPS itu tidak menyenangkan, bahkan ada siswa yang mengesampingkan pembelajaran IPS. Dengan demikian seharusnya guru dapat menerapkan strategi pembelajaran yang menarik agar pembelajaran dapat dipahami oleh siswa dan pembelajaran IPS lebih hidup sehingga menyadarkan siswa bahwa pembelajarana IPS tidaklah membosankan. Salah satu yang sudah menerapkan strategi pembelajaran yang cukup menarik adalah MI Ma’arif NU Pliken yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas V Mi Ma’arif NU Pliken Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (fildresearch) yaitu penulis terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait penerapan strategi pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran IPS. Objek dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran IPS di MI Ma’arif NU Pliken Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis menggunakan analisis data menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data dan verifikasi data. Dari analisis yang dilakukan peneliti, bahwa implementasi strategi pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran IPS di kelas V MI Ma’arif NU Pliken meliputi langkah-langkah penerapan strategi pembelajaran kooperatif yang dilakukan oleh guru yang menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, menyajikan informasi, mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok kooperatif, membimbing , kelompok bekerja dan belajar, evaluasi dan memberikan penghargaan. Untuk menunjang keberhasilan dari strategi pembelajaran kooperatif, guru menerapkan diskusi dan penugasan agar suasana pembelajaran lebih hidup, serta dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran IPS di kelas V MI Ma’arif NU Pliken berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran IPS, MI
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.19 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 06 Mar 2019 07:49
Last Modified: 06 Mar 2019 07:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5344

Actions (login required)

View Item View Item