PEMBELAJARAN KITAB WASHOYA AL-ABAA’ LIL ABNAA’ DI PONDOK PESANTREN AL HIDAYAH KARANGSUCI PURWOKERTO

SYAEFUDIN, NIM : 1223301158 (2019) PEMBELAJARAN KITAB WASHOYA AL-ABAA’ LIL ABNAA’ DI PONDOK PESANTREN AL HIDAYAH KARANGSUCI PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
SYAEFUDIN_PEMBELAJARAN KITAB WASHOYA AL-ABAA' LIL ABNAA' DI PONDOK PESANTREN ALHIDAYAH KARANGSUCI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran kitab akhlak sangatlah membantu di zaman sekarang. Dari adanya pembelajaran yang diberikan, diharapkan mampu merubah generasi sekarang untuk bisa memiliki tingkah laku dan sopan santun yang baik. Akhlak sangat penting bagi diri seseorang. Dengan memiliki akhlak yang baik tentunya dalam kehidupan yang dijalanipun akan lebih mengarah pada perbuatan yang di ridhoi Allah SWT. Hingga kini, pembelajaran kitab akhlak masih banyak dilakukan oleh lembaga-lembaga pendidikan, baik formal maupun non-formal, termasuk diantaranya adalah lembaga pendidikan Pondok Pesantren Al Hidayah Karangsuci Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran kitab akhlak Washoya Al Abaa‟ Lil Abnaa‟ di Pondok Pesantren Al Hidayah Karangsuci Purwokerto, serta berusaha mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat pembelajaran kitab tersebut. Penelitian ini dirancang dengan metode kualitatif, karena data yang dihasilkan berupa kata-kata dan tindakan, dan termasuk dalam penelitian lapangan. Dalam mengumpulkan data, instrument yang peneliti gunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis yang digunakan peneliti adalah sebagaimana metode Miles dan Huberman yaitu dengan Pengumpulan data, redukasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dari penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil antara lain: (1) pembelajaran Kitab Washoya Al Abaa‟ Lil Abnaa‟ di Pondok Pesantren Al Hidayah Karangsuci Purwokerto menggunakan metode dialog, metode keteladanan, metode ceramah, metode tanya jawab dan metode nasihat; (2) nilainilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam pembelajaran kitab tersebut meliputi pendidikan akhlak terhadap Allah SWT, pendidikan akhlak terhadap Nabi/Rasul, pendidikan akhlak terhadap diri sendiri, dan pendidikan akhlak terhadap sesama manusia..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kitab, Pondok Pesantren
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.02 Ushul Fiqih
2x4. Fiqih > 2x4.9 Aspek Fiqih lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 05 Mar 2019 08:22
Last Modified: 05 Mar 2019 08:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5302

Actions (login required)

View Item View Item