UPAYAMENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN ANAK USIA DINI MELALUI PENERAPAN METODE TARTILI DI TK DARUL QUR’AN AL-KARIM KARANG TENGAH, BATURRADEN

ANDRE LIFIAN FATHA KHARISMA, NIM. 1423311006 (2019) UPAYAMENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN ANAK USIA DINI MELALUI PENERAPAN METODE TARTILI DI TK DARUL QUR’AN AL-KARIM KARANG TENGAH, BATURRADEN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ANDRE LIFIAN FATHA KHARISMA_UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (914kB) | Preview

Abstract

Metode Tartili dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an merupakan metode yang pada hakikatnya berorientasi pada pembelajaran membaca Al-Qur’an, bahwa belajar membaca Al-Qur’an adalah belajar mendengar bacaan Al-Qur’an dengan baik, belajar menirukannya, belajar mengenal simbol tulisan Al-Qur’an, belajar membaca atau melafalkan simbol tersebut dan belajar memperbaiki bacaannya sesuai kaidah ilmu tajwid dimana diterapkan dalam rangka proses yang sengaja dirancang untuk menciptakan terjadinya aktifitas belajar dalam diri individu yang dilakukan di luar jam pelajaran (kurikulum) untuk menumbuhkembangkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif di TK Darul Qur’an Al-Karim Karangtengah Baturraden. Subjek penelitian ini meliputi Ustadzah dan anak-anak TK Darul Qur’an Al-Karim, sedangkan objeknya ialah metode tartili. adapun teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara secara mendalam dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa tahap dalam pelaksanaan metode tartili yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Pada tahap perencanaan, TK Darul Qur’an Al-Karim Karangtengah Baturraden didasarkan pada aspek pengajar, perencanaan strategi, dan sarana dan prasarana. Pada tahap pelaksanaan, didasarkan pada kegiatan pembiasaan atau rutin dilaksanakan setiap pagi. Pada

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode tartili, anak usia dini, dan TK Darul Qur’an Al-Karim
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 06 Mar 2019 01:05
Last Modified: 06 Mar 2019 01:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5296

Actions (login required)

View Item View Item