IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 3 SUBTEMA 1 KELAS V SD NEGERI 01 KARANGGINTUNG SUMBANG BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2018/2019

RIZKI BAROROH, NIM 1423305167 (2019) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 3 SUBTEMA 1 KELAS V SD NEGERI 01 KARANGGINTUNG SUMBANG BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text
RIZKI BAROROH_IMPLEMENTASI PENDEKATAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendekatan saintifik merupakan proses pembelajaran yang menggunakan proses berfikir ilmiah. Pendekatan saintifik terdiri atas kegiatan mengamati, merumuskan pertanyaan, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Latar belakang dari penelitian ini adalah karena sekolah setiap proses pembelajaran yang dilakukan berusaha untuk sesuai dengan karakteristik pembelajaran kurikulum 2013 yakni sesuai dengan pendekatan saintifik yang terdiri dari unsur 5M. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik kelas V SD Negeri 01 Karanggintung Sumbang Banyumas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah Ibu Sri Lestari, S.Pd, selaku Kepala Sekolah, guru kelas V SD Negeri 01 Karanggintung Sumbang Ibu Diah Esti Wahyuningsih, S.Pd.SD., dan siswa kelas V SD Negeri 01 Karanggintung Sumbang. Objek yang dikaji adalah implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik kelas V SD Negeri 01 Karanggintung Sumbang Banyumas. Sedangkan teknik analisis data yang peneliti gunakan ada 3 yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa langkah-langkah yang dilakukan guru mulai dari perencanaan pembelajaran sampai dengan evaluasi pembelajaran sudah diterapkan dengan baik. Pada langkah perencanaan terlihat guru mempersiapkannya dengan baik mulai dari mempersiapkan media pembelajaran, sumber belajar. Pada pelaksanaan pembelajaran guru sudah menggunakan langkah-langkah pendekatan saintifik. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang aktif dalam proses belajar mengajar. Kemudian pada evaluasi pembelajaranpun guru kelas V SD Negeri 01 Karanggintung Sumbang sudah melakukannya sesuai dengan peraturan pada kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Tematik.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 05 Mar 2019 08:06
Last Modified: 05 Mar 2019 08:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5290

Actions (login required)

View Item View Item