UPAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KETERCAPAIAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN DI MIN 1 PURBALINGGA

NUROINI ZAHRO, NIM. 1423303062 (2019) UPAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KETERCAPAIAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN DI MIN 1 PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (525kB) | Preview
[img] Text
UPAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)

Abstract

Standar kompetensi lulusan adalah kriteria minimal dari beberapa kompetensi yang harus dicapai oleh setiap peserta didik agar dapat dinyatakan lulus pada suatu jenjang pendidikan tertentu. Lulusan MIN 1 Purbalingga memiliki kompetensi pengetahuan umum yang hasilnya melebihi target minimal dan pengetahuan keIslaman yaitu mampu membaca dan menghafal al-Qur’an juz 30 dan beberapa hadits sehingga sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Namun MIN 1 Purbalingga berupaya untuk meningkatkan pencapaian standar kompetensi lulusan pada tahun berikutnya. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan ketercapaian standar kompetensi lulusan dan evaluasi hasil belajar peserta didik di MIN 1 Purbalingga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, koordinator kurikulum dan beberapa guru kelas. Sedangkan objek penelitiannya adalah upaya sekolah dalam meningkatkan ketercapaian standar kelulusan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Kemudian proses analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman dengan tiga langkah, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa upaya MIN 1 Purbalingga untuk mencapai standar kelulusan tersebut dilakukan melalui fungsi pengelolaan yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Keempat fungsi tersebut diterapkan pada beberapa komponen yang saling berkaitan dalam proses pembelajaran diantaranya adalah kurikulum, guru dan proses belajar mengajar. Pencapaian standar kompetensi lulusan ini dapat diperlihatkan melalui penilaian pada setiap tingkat kelas dan dibuktikan dengan pencapaian kelulusan 100% dari tahun ajaran 2015/2016 sampai tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Sekolah, Standar Kompetensi Lulusan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 19 Feb 2019 01:19
Last Modified: 19 Feb 2019 01:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5289

Actions (login required)

View Item View Item