IMPLEMENTASI KURIKULUM PROGRAM BTA DAN PPI DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM DUKUHWALUH KABUPATEN BANYUMAS

HAMAM HAYATUDIN, NIM. 1323301122 (2019) IMPLEMENTASI KURIKULUM PROGRAM BTA DAN PPI DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM DUKUHWALUH KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
HAMAM HAYATUDIN_IMPLEMENTASI KURIKULUM PROGRAM BTA DAN PPI DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM DUKUHWA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Program BTA dan PPI yang dibuat oleh IAIN Purwokerto pada hakikatnya berorientasi pada skill mahasiswa setelah menempuh pendidikan di perguruan tinggi negeri agama islam yaitu membaca Al-Qur‟an dan mempraktekan ibadah sesuai rukun islam, bahwa belajar membaca Al-Qur‟an adalah belajar mendengarkan bacaan Al-Qur‟an dengan baik, belajar menirukannya, belajar mengenal simbol tulisan Al-Qur‟an, belajar membaca atau melafalkan simbol tersebut dan belajar memperbaiki bacaanya sesuai kaidah ilmu tajwid, selain itu mempraktekan ibadah-ibadah yang sesuai dengan aturan atau ketetapan yang ada. Program diterapkan dalam rangka proses yang sengaja dirancang untuk menciptakan terjadinya aktifitas belajar dalam diri individu yang dilakukan didalam kelas pembelajaran BTA dan PPI untuk menumbuhkembangkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki oleh mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, yaitu suatu penelitian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai suatu variabel, keadaan atau gejala menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan. Serta dalam pengumpulan data dilakukan secara langsung di lokasi penelitian. Dalam penelitian ini peneliti menggambarkan mengenai pembelajaran BTA dan PPI di Pondok Pesanren Darussalam Dukuhwaluh Kabupaten Banyumas yang didalamnya berupa bagaimana implementasi kurikulum program BTA dan PPI. Subjek penelitian ini adalah Ketua Pondok Pesantren, Ustadz/Ustadzah, dan peserta program BTA dan PPI di Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Kabupaten Banyumas. Selanjutnya dilaksanakan pengumpulan data dengan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah itu, data yang diperoleh dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pembelajaran BTA dan PPI sudah bagus. Keberhasilan program dilaksanakan oleh dan merupakan tanggung jawab dari seluruh warga pondok pesantren, yaitu Ketua Pondok Pesantren, Guru/Ustadz/Ustadzah, semua pengurus, para santri dan masyarakat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum, BTA dan PPI, Pondok Pesantren
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.12 Ilmu Qiraat (termasuk macam qiraat dan tajwid)
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.35 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 05 Mar 2019 06:33
Last Modified: 05 Mar 2019 06:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5266

Actions (login required)

View Item View Item