IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KELAS 1 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK, TEMA : 4 KELUARGAKU DI SD NEGERI 01 PURWANEGARA KEC. PURWOKERTO UTARA KAB. BANYUMAS

LATIFATUL MUYASAROH, NIM. 1423305155 (2019) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KELAS 1 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK, TEMA : 4 KELUARGAKU DI SD NEGERI 01 PURWANEGARA KEC. PURWOKERTO UTARA KAB. BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text
LATIFATUL MUYASAROH_IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KELAS 1 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 4 KEL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penilaian autentik pada pembelajaran tematik, tema 4: Keluargaku merupakan penilaian yang dilakukan pada pembelajaran tematik di lembaga sekolah yang telah menggunakan kurikulum 2013 pada proses pembelajaran dan penilaian dalam pembelajaran tematik tersebut. Penilaian autentik memiliki fokus yang tinggi terhadap tiga ranah, yaitu ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik. Penilaian autentik juga sangat memperhatikan penilaian awal dan proses pembelajaran, dan tidak hanya penilaian hasil belajar saja. Dalam melaksanakan penilaian di masing-masing ranah, penilaian autentik memiliki teknik dan instrumen yang dapat dipilih dan digunakan oleh guru dalam menilai hasil pembelajaran yang dilaksanakan. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan atau pengimplementasian penilaian autentik di SD Negeri 1 Purwanegara, dan secara khusus mendeskripsikan perspektif guru kelas 1 terhadap penilaian autentik, serta mendeskripiskan teknik dan instrument penilaian autentik yang digunakan oleh guru kelas 1 dalam pembelajaran tematik, tema 4: Keluargaku di SD Negeri 1 Purwanegara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, dan menggunakan metodde study kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknis analisis model Miles Huberman yang terdiri dari tiga tahap, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan penilaian autentik pada pembelajaran tematik, tema 4: Keluargaku telah sesuai dengan teori, meskipun ada beberapa teknik yang belum terlaksana karena keterbatasan waktu dan kondisi dari peserta didik. Guru kelas 1 juga telah memiliki pemahaman yang sesuai terkait dengan teori penilaian autentik. Teknik penilaian yang digunakan pada ranah afektif yaitu teknik observasi. Pada ranah kognitif menggunakan teknik tes tertulis, teknik tes lisan, dan teknik penugasan. Sedangkan pada ranah psikomotor menggunakan teknik unjuk kerja. Instrumen yang digunakan pada penilaian ranah afektif yaitu berupa skala penilaian yang disertai rubrik. Penilaian ranah kognitif menggunakan instrumen berupa soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian. Instrumen yang digunakan pada ranah psikomotor yaitu menggunakan skala penilaian yang disertai rubrik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Autentik, Pembelajaran Tematik Tema 4: Keluargaku, SD Negeri 1 Purwanegara.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 25 Feb 2019 00:31
Last Modified: 25 Feb 2019 00:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5207

Actions (login required)

View Item View Item