PELAKSANAAN METODE BERMAIN PERAN DI KELAS V MI MUHAMMADIYAH KARANGLO KECAMATAN CILONGOK TAHUN PELAJARAN 2018/2019

DANI PURWANI, NIM. 1423305009 (2019) PELAKSANAAN METODE BERMAIN PERAN DI KELAS V MI MUHAMMADIYAH KARANGLO KECAMATAN CILONGOK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (540kB) | Preview
[img] Text
DANI PURWANI_PELAKSANAAN METODE BERMAIN PERAN DI KELAS V MI MUHAMMADIYAH KARANGLO KECAMATAN CILO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (944kB)

Abstract

Bermain peran merupakan model pembelajaran yang bertujuan untuk membatu siswa menemukan makna diri (jati diri) di dunia sosial dan memecahkan dilema dengan bantuan kelompok. Artinya, melalui bermain peran siswa belajar menggunakan konsep peran, menyadari adanya peran-peran yang berbeda dan memikirkan perilaku dirinya dan perilaku orang lain. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan metode bermain peran di kelas V MI Muhammadiyah Karanglo Kecamatan Cilongok tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan metode bermain peran dikelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif, lokasi penelitian adalah MI Muhammadiyah Karanglo Kecamatan Cilongok, subyek penelitian adalah kepala madrasah, guru kelas V dan siswa kelas V. Obyek penelitian ini adalah metode bermain peran di kelas V MI Muhammadiyah Karanglo. Metode pengumpulan data yang digunakan terbagi menjadi tiga langkah yakni pertama, reduksi data adalah merangkum, memilih halhal yang pokok memfokuskan pada hal-hal penting dicari tema dan polanya dan membuang yang tidak diperlukan. Kedua, penyajian data dilakukan dalam bentuk naratif dan langkah terakhir adalah penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah tentang pelaksanaan metode bermain peran di kelas V MI Muhammadiyah Karanglo yang sudah sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran berdasarkan dengan teori Wina Sanjaya. Dengan pelaksanaan metode tersebut, tujuan pembelajaran dapat tercapai. Siswa mampu aktif dan produktif didalam kelas, selain itu siswa juga mampu memahami materi yang disampaikan. Hal tersebut ditandai dengan antusiasme siswa yang sangat baik pada saat pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Bermain Peran di Kelas V, metode pembelajaran
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 19 Feb 2019 02:33
Last Modified: 19 Feb 2019 02:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5180

Actions (login required)

View Item View Item