PENGENALAN HURUF HIJAIYAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE IQRA’ PADA ANAK USIA DINI DI RA DIPONEGORO KERTANEGARA KECAMATAN KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA

LAELI KODRIYAH, NIM. 1423311054 (2019) PENGENALAN HURUF HIJAIYAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE IQRA’ PADA ANAK USIA DINI DI RA DIPONEGORO KERTANEGARA KECAMATAN KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAELY KODRIYAH_PENGENALAN HURUF HIJAIYAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE IQRA' PADA ANAK USIA DINI DI R.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pengenalan dan penguasaan huruf hijaiyyah yang merupakan dasar untuk membaca dan mempelajari Kitab Suci Al Qur‟an sejak dini sangat penting, karena jika pada saat membaca huruf hijaiyyah sudah terbiasa dengan kata-kata yang salah maka akan dapat menimbulkan arti yang berbeda sehingga kita dituntut untuk membaca secara baik dan benar. Metode dalam belajar huruf hijaiyyah biasanya diberikan oleh Guru mengaji secara tradisional (konvensional) atau orang sering menyebutnya dengan metode turutan. Dengan metode seperti ini anak cenderung pasif dalam menerima pelajaran mengajinya, karena guru mengaji menerangkan anak dalam belajar membaca hururf hijaiyyah secara lisan tulisan dan bahasa tubuh. Dari sini muncul gagasan-gagasan baru, salah satunya yang di tulis oleh KH. As‟ad Humam, yaitu metode praktis belajar membaca huruf hijaiyyah yaitu buku IQRO‟ yang terdiri dari enam jilid. Buku iqro‟ karya KH. As‟ad humam, didalamnya terdapat banyak latihan huruf hijaiyyah, sehingga anak akan lebih cepat faham dan mengenal huruf-huruf hijaiyyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu dengan cara mengumpulkan data. Penulis menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Tahapan yang ditempuh adalah reduksi data, kajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pengenalan huruf hijaiyyah bagi anak-anak RA Diponegoro Kertanegara Kecamatan Kertanegara Kabupaten Purbalingga telah dilaksanakan secara terprogram, sistematis dan terarah. Dalam operasionalnya pengenalan huruf hijaiyyah itu diawali dengan membaca basmallah kemudian guru mengajarkan anaknya huruf-huruf hijaiyyah sedangkan anaknya menirukannya. Sedangkan program di operasionalisasikan dengan menggunakan metode Pembiasaan dan metode Drill dalam proses pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengenalan, Huruf hijaiyyah dan metode iqro‟
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.321 Bustanul Atfal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 21 Feb 2019 01:04
Last Modified: 21 Feb 2019 01:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5177

Actions (login required)

View Item View Item