PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS III DI MI MA’ARIF NU 1 SOKAWERA KECAMATAN CILONGOK

FITRIA NURLAELA, NIM. 1423305237 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS III DI MI MA’ARIF NU 1 SOKAWERA KECAMATAN CILONGOK. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
cover_bab i_bab v_daftar pustaka.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text
pengaruh penggunaan model problem based learning (pbl) terhadap kemampuan memecahkan masalah sisw.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta-fakta di lapangan menemukan permasalahan rendahnya kemampuan memecahkan masalah siswa pada mata peljaran IPS. Salah satu cara yang dapat dilakuakan untuk meningkatnkan kemampuan memecahkan masalah dengan model Problem Based Learnging (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan memecahkan masalah IPS kelas III MI Ma’arif NU 1 Sokawera kecamatan Cilongok. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Quasi Exsperimen Desain yang diterapkan pada Nonequivalent Control Group Design karena kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak dipilih secara random melainkan peneliti menerima apa adanya kelas yang sudah ada. Penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok peneliti yaitu kelompok kontrol yang tidak menggunakan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sedangkan kelompok eksperimen menggunakan pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakuakan diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan memecahkan masalah siswa lebih menggunakan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metode pembelajaran konversional serta terdapat perbedaan yang signifikan. Dengan hasil nlai rata-rata posttest kelas eksperimen 108,1 dan kelas kontrol 81,87. Sedangkan hasil uji N-Gain diperoleh nilai rata-rata Gkontrol sebesar 0,22 yang termasuk dalam kategori rendah dan rata-rata Geksperimen sebesar 0,80 yang termasuk dalam kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat penaruh tak signfikan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan memecahkan masalah pada mata pelajaran IPS siswa kelas III MI Ma’arif NU 1 Sokawera kecamatan Cilongok materi Lingkungan alam dan buatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning (PBL), Kemempuan Memecahkan Masalah, Uji N-Gain
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 21 Feb 2019 01:10
Last Modified: 21 Feb 2019 01:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5151

Actions (login required)

View Item View Item