PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DI YAYASAN HARAPAN UMMAT PURBALINGGA

KHARIS, NIM.1617651010 (2019) PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DI YAYASAN HARAPAN UMMAT PURBALINGGA. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (891kB) | Preview
[img] Text
KHARIS_PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DI YAYASAN HARAPAN UMMAT PURBALINGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pengembangan kompetensi guru menjadi vital dalam pengelolaan SDM pendidikan. Hal tersebut disebabkan karena perkembangan zaman dan pengetahuan yang bersifat dinamis, sehingga guru pun harus mendinamisasi perubahan tersebut. Beberapa kompetensi yang harus dikuasai guru sebagaimana tercantum di Permendiknas No 16 Tahun 2007 diantaranya adalah; kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Maka keempat kompetensi ini harus dikembangkan dan di kontekstualisasikan dengan perkembangan global. Penelitian ini berusaha memberikan gambaran tentang pengembangan kompetensi guru di Yayasan Harapan Umat yang bersifat mandiri dan lebih banyak dilakukan secara internal kelembagaan berdasarkan pada analisis kebutuhan lembaga. Selain itu pengembangan kompetensi guru dianggap lebih relevan untuk relevan digunakan pada saat ini, yaitu pengembangan yang tidak bersifat monoton dan dua arah, dan tentunya telah disesuaikan dengan kebutuhan lembaga. Beberapa pengembangan ini bersifat kolaboratif, konstruktif , kontekstual dan mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan kompetensi guru di Yayasan Harapan Ummat Purbalingga yang mencakup dua lembaga pendidikan yaitu SDIT Alam Harapan Ummat dan SMPIT Harapan Ummat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang disajikan dalam bentuk deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah Ketua lembaga pendidikan islam terpadu Yayasan Harapan Ummat, Kepala Biro SDM Yayasan Harapan Ummat, Kepala Unit SDIT Alam Harum dan Kepala Unit SMPIT Harapan Ummat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian Pengembangan Kompetensi Guru di Yayasan Harapan Ummat Purbalingga terdaat dua metode pengembangan sebagai berikut: Pertama, On The Job Training yang didalamnya mencakup dua kegiatan atau dua program yaitu job training dan pelatihan. Kedua, metode Off The Job Training yang didalamnya mencakup tiga kegiatan atau program yaitu in house training, program bahasa arab dan pengembangan kompetensi kepribadian. Dari kegiatan pengembangan kompetensi guru dilaksanakan dalam rangka menstandarkan kompetensi para guru sesuai dengan standar yang berlaku dilingkungan Yayasan Harapan Ummat Purbalingga.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Kompetensi Guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 18 Feb 2019 00:29
Last Modified: 18 Feb 2019 00:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5148

Actions (login required)

View Item View Item