NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KEGIATAN RIHLAH DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-AMIN PABUWARAN KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS

MASRUR HASAN, NIM 1423301144 (2019) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KEGIATAN RIHLAH DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-AMIN PABUWARAN KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (530kB) | Preview
[img] Text
MASRUR HASAN_NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KEGIATAN RIHLAH DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (977kB)

Abstract

Pendidikan Islam di Indonesia memberi kesan yang tidak menggembirakan, realitas pendidikan Islam pada umumnya memang dirasakan mengalami kemuduran dan keterbelakangan, walaupun akhir-akhir ini mulai berangsur-angsur mulai terasa kemajuannya. Ini terbukti dengan berdirinya lembaga-lembaga pendidikan Islam dan model pendidikan Islam yang ditawarkan akan tetapi tantangan yang dihadapi sangatlah kompleks sehingga menuntut inovasi itu sendiri. Seiring dengan perkembangan zaman, ustadz/ustadzah membutuhkan suatu strategi dan inovasi baru untuk menanamkan Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam kepada para santri, dikarenakan santri memiliki rasa jenuh atau bosan ketika kegiatan belajar yang hanya terus di dalam ruangan/kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti apakah kegiatan rihlah dapat menjadi jawaban dari permasalahan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil tempat penelitian di TPQ Al-Amin Pabuwaran Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas.Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan teknik analisis data model Milles dan Huberman yang terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan rihlah di TPQ Al-Amin Pabuwaran mengandung Nilai-nilai Pendikan Agama Islam berupa nilai akidah, nilai ibadah, nilai akhlak dan nilai kemasyarakatan kepada para santri di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Amin Pabuwaran. kegiatan rihlah disini dilakukan dengan cara kreatif dan berbeda dengan rihlah yang seperti biasanya, sehingga memberikan rasa kepuasan dan kegembiraan baik bagi santri, walisantri maupun ustadz/ustadzah. Dengan hal ini, dapat dikatakan bahwa kegiatan rihlah juga bisa menjadi inovasi untuk menanamkan nilai-nilai Pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Rihlah, Taman Pendidikan Al-Qur’an
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 15 Feb 2019 03:31
Last Modified: 15 Feb 2019 03:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5147

Actions (login required)

View Item View Item