IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SD-IT) HARAPAN BUNDA PURWOKERTO

SUTRISNO, NIM 1617651024 (2019) IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SD-IT) HARAPAN BUNDA PURWOKERTO. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SUTRISNO_IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK MUTU PEMBELAJARAN P.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tesis ini menganalisis Implementasi Supervisi Akademik Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD-IT) Harapan Bunda Purwokerto. Keberadaan SD-IT Harapan Bunda yang memperhatikan perbaikan ahlak semakin nampak dalam kegiatan pembiasaan yang religius. Optimalisasi guru Pendidikan Agama Islam sangat dominan, sehingga keberhasilan sekolah merekrut bakal calon siswa baru semakin terus semaakin meningkat. Keberhasilan guru dalam pembelajaran tidak lepas dari campur tangan Kepala Sekolah dan Pengawas Pendidikan Agama Islam selaku supervisor dalam kegiatan supervisi akademik. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan Implementasi Supervisi Akademik dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD-IT Harapan Bunda. Sedangkan secara rinci penelitian tesis ini bertujuan untuk mencari jawaban tentang masalah-masalah pokok di atas, yaitu: (1) untuk menganalisis pelaksanaan supervisi akademik dalam peningkatan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di SD-IT Harapan Bunda dan (2) untuk menganalisis peran supervisor (Kepala Sekolah dan Pengawas PAI) dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang disajikan dalam bentuk deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala SD-IT Harapan Bunda Purwokerto, Guru Pendidikan Agama Islam dan Guru senior. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik dilakukan Pengawas PAI sesuai program dan hasilnya adalah rerata 86/Baik dan yang dilakukan oleh Kepala Sekolah dalam pembelajaran 95/Amat Baik. Hasil Ppencapaian yang sudah baik untuk terus ditingkatkan dan yang sudah maksimal hendaknya terus dipertahankan. Peran supervisor memberikan petunjuk teknik dan strategi terhadap langkah-langkah dan perilaku guru yang harus dilakukan dalam proses pembelajaran sehingga prestasi peserta didik meningkat dan meningkatnya prestasi peserta didik merupakan wujud peningkatan mutu pembelajaran guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik, Mutu Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 12 Feb 2019 07:19
Last Modified: 12 Feb 2019 07:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5144

Actions (login required)

View Item View Item