PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP PROFESIONALISME GURU DI SEKOLAH MUHAMMADIYAH PAGUYANGAN BREBES

Rizky Nazia Muhandis, NIM. 1617651022 (2018) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP PROFESIONALISME GURU DI SEKOLAH MUHAMMADIYAH PAGUYANGAN BREBES. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text
RIZKY NAZIA MUHANDIS_PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Guru merupakan komponen yang paling menentukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan, guru yang utama dan pertama. Penanggung jawab keterlaksanaan proses pembelajaran di kelas adalah guru. Pemberdayaan terhadap profesionalisme guru perlu dilakukan secara terus menerus, dan berkelanjutan. Dalam tesis ini mengupas beberapa variabel yang berpengaruh terhadap profesionalisme guru berupa kepemimpinan kepala sekolah, budaya kerja guru, dan motivasi kerja guru. Tujuan tesis ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh tiga variabel bebas yang meliputi kepemimpinan kepala sekolah, budaya dan motivasi kerja guru, terhadap profesionalisme guru di Sekolah Muhammadiyah Paguyangan, Brebes. Penelitian tesis ini diharapkan bermanfaat sebagai bahan pertimbangan untuk menetapkan suatu kebijakan dan membuat inovasi di bidang manajerial pendidikan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif, dengan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru, yang kemudian diberikan beberapa pernyataan dalam bentuk angket. Nilai skor angket itulah yang kemudian dianalisis dengan analisis regresi linear. Dengan analisis regresi linear dapat diketahui seberapa besar pengaruh masing-masing variabel baik secara parsial, maupun secara simultan. Kesimpulan yang didapatkan meliputi: (1) kepemimpinan kepala sekolah secara parsial tidak berpengaruh positif terhadap profesionalisme guru, (2) Budaya kerja berpengaruh positif terhadap profesionalisme guru, (3) motivasi kerja guru tidak berpengaruh positif terhadap profesionalisme guru, (4) kepemimpinan kepala sekolah dan budaya kerja guru secara simultan berpengaruh positif terhadap profesionalisme guru, (5) kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru secara simultan tidak berpengaruh positif terhadap profesionalisme guru, (6) budaya dan motivasi kerja guru secara simultan berpengaruh terhadap profesionalisme guru, (7) kepemimpinan kepala sekolah, budaya dan motivasi kerja guru secara simultan berpengaruh positif terhadap profesionalisme guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Guru, Kepala Sekolah, Budaya, Motivasi, Profesionalisme, Pengaruh
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 16 Feb 2019 08:06
Last Modified: 16 Feb 2019 08:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5140

Actions (login required)

View Item View Item