KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMENUHI KEPUASAN PELANGGAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU HARAPAN BUNDA PURWOKERTO

Putriyani, Nim: 1617651021 (2018) KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMENUHI KEPUASAN PELANGGAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU HARAPAN BUNDA PURWOKERTO. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text
PUTRIYANI_KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Lembaga pendidikan umumnya berkeinginan untuk dapat tampil terbaik guna menarik perhatian pasar, penentuan visi, misi dan tujuan lembaga pendidikan diarahkan agar terciptanya kepuasan pelanggan. Kebijakan merupakan bagian dari strategi pimpinan sekolah dalam menghadapi suatu masalah, dengan maksud meningkatan kepuasan pelanggan serta memperbaharui mutu pendidikan. Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Harapan Bunda Purwokerto adalah lembaga pendidikan formal yang berbasis Qur‟an dan berorientasi pada IPTEK. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kebijakan pimpinan sekolah, harapan pelanggan, serta mendalami upaya pimpinan sekolah dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di SDIT Harapan Bunda Purwokerto.Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan metode pengumpulan data melalui wawancara mendalam, studi dokumentasi, dan observasi. Sumber data terdiri dari kepala sekolah, guru atau staf, dan orang tua siswa SDIT Harapan Bunda Purwokerto. Hasil dari penelian ini adalah dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, sekolah tentunya perlu memperhatikan dan memahami apa yang diharapkan pelanggan, harapan pelanggan SDIT Harapan Bunda Purwokerto adalah sesuai dengan visi sekolah yaitu mendapatkan pendidikan yang berbasis qur‟an dan berorientasi pada IPTEK, dimana peserta didik dapat membaca dan menghafal al qur‟an dengan baik serta menguasai ilmu umum. Selain itu harapan pelanggan juga mendapatkan pelayanan pendidikan dari tenaga pendidik yang profesional. Perumusan kebijakan pimpinan sekolah di SDIT Harapan Bunda Purwokerto yang berkaitan dengan system pendidikan dibuat oleh tim manajemen sekolah, terdiri dari kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan dan 4 kepala bidang (Qur‟ani, tarbawi, sarana dan prasarana, humas). Adapun kebijakan yang berkaitan dengan tenaga pendidik dan kependidikan dibuat oleh Yayasan Permata Hati. Bentuk kebijakan pimpinan sekolah berupa kebijakan makro yaitu kebijakan yang dibuat dalam bentuk program-program sekolah, dan kebijakan mikro adalah kebijakan dalam bentuk tindakan kepala sekolah. Pelanggan SDIT Harapan Bunda Purwokerto merasa puas karena harapannya terpenuhi, melalui layanan,program unggulan sekolah dan kebijakan kepala sekolah. Hal ini ditunjukkan sikap pelanggan yang tetap memilih SDIT sebagai pendidikan dasar untuk anaknya, dan memberikan informasi kepada masyarakat mengenai kualitas pendidikan di SDIT Harapan Bunda Purwokerto.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan, Kepala Sekolah, dan Kepuasan Pelanggan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 16 Feb 2019 07:59
Last Modified: 16 Feb 2019 07:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5134

Actions (login required)

View Item View Item