IMPLEMENTASI METODE QIRO’ATI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TINGKAT PHRATUM BAKONG PITTAYA SCHOOL PATTANI THAILAND

AHMAD SYAEFI, NIM. 1423301002 (2019) IMPLEMENTASI METODE QIRO’ATI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TINGKAT PHRATUM BAKONG PITTAYA SCHOOL PATTANI THAILAND. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
JUDUL_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (692kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL AHMAD SYAEFI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan membaca Al-Qur’an merupakan aspek penting bagi generasi Muslim. Pembelajaran membaca Al-Qur’an seharusnya dilaksanakan sejak kecil. Oleh karena itu Phratum Bakong Pittaya School mencoba memperbaiki diri dengan menerapkan metode Qiro’ati sebagai sarana pembelajaran membaca Al-Qur’an, agar para siswa lulusan Phratum Bakong Pittaya School sudah dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Qiro’ati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di tingkat Phratum Bakong Pittaya School Pattani Thailand. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif yang digunakan untuk menggambarkan, menjelaskan, dan menjawab persoalan-persoalan berkaitan dengan fenomena atau peristiwa yang terjadi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Objek penelitian ini yaitu metode Qiro’ati dan subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru Al-Qur’an, guru Qiro’ati dan peserta didik Phratum Bakong Pittaya School Pattani Thailand. Implementasi pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode Qiro’ati di Phratum Bakong Pittaya School sudah berjalan sekitar lima tahun. Setelah penulis melakukan penelitian di Phratum Bakong Pittaya School Pattani Thailand dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode Qiro’ati di Bakong Pittaya School belum sepenuhnya sesuai dengan metode Qiroa’ti, tetapi dalam kualitas lulusan cukup baik, terbukti ketika lulus kelas 6, semua siswa sudah dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, walaupun masih ada bebarapa siswa yang kurang fasih. Pembelajaran Qiro’ati dilaksanakan setiap hari sekolah, di pagi hari antara pukul 08.45 sampai pukul 09.15 waktu Pattani Thailand. Salah satu kendala yang ada yaitu sedikitnya waktu pembelajaran dengan siswa yang banyak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Qiro’ati, pembelajaran Membaca Al-Qur’an, Bakong Pittaya
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.12 Ilmu Qiraat (termasuk macam qiraat dan tajwid)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 09 Feb 2019 03:14
Last Modified: 09 Feb 2019 03:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5072

Actions (login required)

View Item View Item