PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 BANYUMAS

NURHANA OKTAVIA, NIM. 1423305120 (2019) PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
NURHANA OKTAVIA_PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Mata pelajaran Bahasa Jawa merupakan mata pelajaran muatan lokal bahasa daerah khususnya di Banyumas. Mata pelajaran Bahasa Jawa biasanya dianggap sulit oleh peserta didik, hal tersebut karena mata pelajaran Bahasa Jawa bahasa, tak hanya mempelajari tata bahasanya yang berbeda dari bahasa Indonesia, namun juga mempelajari sastra serta nilai-nilai budaya Jawa untuk mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan bahasa Jawa serta sikap positif Bahasa Jawa . Namun di MIN 2 Banyumas belum ada kesulitan pendidik dalam menyampaikan pembelajaran Bahasa Jawa, baik dalam persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, maupun evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pembelajaran Bahasa Jawa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Banyumas tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu suatu studi empiris dengan cara terjun langsung di lokasi penelitian terhadap fenomena-fenomena yang terjadi. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif bertujuan untuk memahami kejadian yang dialami oleh subjek penelitian seperti perilaku dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini, Pembelajaran Bahasa Jawa kelas IV semester I di MIN 2 Banyumas meliputi tiga tahapan yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pada perencanaan pembelajaran, guru membuat Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) di awal semester, disesuaikan dengan silabus Bahasa Jawa, dan kurikulum yang dipakai pada maata pelajaran Bahasa Jawa yaitu Kurikulum Muatan Lokal 2013. Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru menyampaikan materi sesuai dengan tujuan pembelajaran dengan menggunakan berbagai metode diantaranya : ceramah, tanya jawab, demonstrasi, driil, dan penugasan. Media pembelajaran yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran masih kurang, karena keterbatasan sarana dan prasarana di MIN 2 Banyumas, dalam pembelajaran guru masih menggunakan sedikit media diantaranya papan tulis, spidol, buku pelajaran, gambar, dan poster aksara jawa. Dan tahap evaluasi pembelajaran, guru melakukan evaluasi menggunakan soal-soal tes tertulis dan lisan untuk mengetahui seberapa jauh peserta didik menangkap materi yang disampaikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Bahasa Jawa, MI Negeri 2 Banyumas
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 08 Feb 2019 00:45
Last Modified: 08 Feb 2019 00:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5056

Actions (login required)

View Item View Item