PENANAMAN AKHLAK MELALUI METODE PEMBIASAAN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD QARYAH THAYYIBAH PURWOKERTO

ISRO NURJANAH, NIM. 1423301011 (2019) PENANAMAN AKHLAK MELALUI METODE PEMBIASAAN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD QARYAH THAYYIBAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (455kB) | Preview
[img] Text
PENANAMAN AKHLAK MELALUI METODE PEMBIASAAN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD QARYAH THYAYIBAH P.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB)

Abstract

Kondisi dunia pendidikan saat ini sangat mengkhawatirkan dengan banyak terjadinya berbagai tindakan-tindakan menyimpang yang dilakukan peserta didik yang tercermin dalam bentuk perilakunya seperti, perkelahian, tawuran, bahkan pelecehan seksual yang menyebabkan dunia pendidikan perlu melakukan tindakan pencegahan untuk mengatasi hal tersebut. Penanaman akhlak menjadi salah satu solusi dan mencegah terjadinya tindakan menyimpang, sehingga peserta didik mampu membentengi dirinya dari perbuatan tercela. Anak-anak berkebutuhan khusus memerlukan adanya cara khusus dalam menanamkan akhlak, berbeda dengan anak normal pada umumnya karena mngelami kelambanan dalam berfikir dan mudah lupa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara yang dilakukan oleh guru dalam menanamkan akhlak kepada anak berkebutuhan khusus dengan kondisi ringan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru kelas 1 samapai kelas 4, koordinator inklusi, guru pendamping, koordinator tilawati dan obyek dalam penelitian ini adalah siswa ABK di SD Qaryah Thayyibah Purwokerto. Selanjutnya dilaksnakan pengumpulan data dengan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah itu, data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data dan membuat kesimpulan. Data yang sudah dianalisis diuji keapsahan datanya dengan uji kredibilitas data yang dilakukan dengan cara triangulasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman akhlak melalui metode pembiasaan pada ABK di SD Qaryah Thayyibah Purwokerto,dilaksanakan dengan kegiatan- kegiatan yang meliputi: akhlak terhadap Allah salah satunya seperti, berdo’a saat memulai dan mengakhiri pelajaran. Akhlak terhadap sesama manusia salah satunya seperti 3S (Senyum, Sapa, Salam). Akhlak terhadap lingkungan salah satunya seperti, membuang sampah pada tempatnya. Sedangkan proses penanaman akhlak melalui metode pembiasaan pada ABK meliputi prinsip-prinsip yaitu prinsip kasih sayang dan prinsip keperagaan dan cara-cara penanaman akhlak meliputi pengawasan, pemberian anjuran dan pemberian ancaman kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanaman Akhlak, Anak Berkebutuhan Khusus, Metode Pembiasaan.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.344 Pendidikan Keterampilan Khusus
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 08 Feb 2019 00:41
Last Modified: 08 Feb 2019 00:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5054

Actions (login required)

View Item View Item