PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN OUTING CLASS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SDIT AS SHOLEH GUMILIR KABUPATEN CILACAP

HANI WULANSARI, NIM. 1423305104 (2019) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN OUTING CLASS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SDIT AS SHOLEH GUMILIR KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text
HANI WULANSARI_PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN OUTING CLASS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)

Abstract

Strategi pembelajaran yang dirancang dan diterapkan oleh guru harus sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dengan tetap memperhatikan karakteristik dan kemampuan peserta didiknya. Untuk mencapai tujuan pembelajaran perlu adanya keterkaitan yang erat antar komponen di dalam pembelajaran. Strategi pembelajaran outing class yaitu suatu kegiatan yang melibatkan alam secara langsung untuk dijadikan sumber belajar. Persoalan yang akan dijawab pada penelitian ini adalah “Bagaimana Penerapan Strategi Pembelajaran Outing Class Pada Pembelajaran Tematik di SDIT As Sholeh Gumilir Kabupaten Cilacap?”. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di SDIT As Sholeh Gumilir Kabupaten Cilacap. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari guru kelas IV, siswa kelas IV, dan Kepala Sekolah. Adapun sumber data terebut diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan analisis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran outing class pada pembelajaran tematik di SDIT As Sholeh Gumilir Kabupaten Cilacap dilakukan dengan memvariasaikan beberapa metode sehingga menjadi satu bagian. Guru kelas IV mengkombinasikan bermacam-macam metode pembelajaran dengan tujuan untuk memaksimalkan proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran sesuai dengan KI dan KD, serta kondisi peserta didiknya. Adapun metode yang digunakan guru pada pembelajaran tematik antara lain : metode ceramah, simulasi, percobaan, tanya jawab, penugasan, dan diskusi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Outing Class, Pembelajaran Tematik, SDIT As Sholeh
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 07 Feb 2019 00:57
Last Modified: 07 Feb 2019 00:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5038

Actions (login required)

View Item View Item