IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KELAS IV DI MI YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM (YPI) BINANGUN KECAMATAN BINANGUN KABUPATEN CILACAP

Aerolina Mega Pangestika, NIM. 1423305003 (2018) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KELAS IV DI MI YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM (YPI) BINANGUN KECAMATAN BINANGUN KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER-BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (862kB) | Preview
[img] Text
IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KELAS IV DI MI YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM (YPI) BINANGUN KECAMATAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penilaian autentik merupakan penilaian yang dilakukan dengan menilai empat aspek yakni aspek pengetahuan, aspek sikap sosial, aspek spiritual, dan aspek keterampilan. Aspek pengetahuan dilakukan penilaian dengan menggunakan teknik penilaian yakni pertama tes tertulis yang terdiri dari soal dengan memilih jawaban pilihan ganda, menjodohkan, benar-salah, sebab akibat, uraian, dan isian singkat, kedua tes lisan, ketiga penugasan. Aspek sikap baik itu sikap sosial atau spiritual menggunakan teknik penilaian observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal. Aspek keterampilan menggunakan teknik penilaian unjuk kerja, daftar ck, skala penilaian, catatan anekdot, penilaian produk, penilaian proyek, dan portofolio. Dengan menggunakan teknik penilaian tersebut sesuai dengan aspek yang akan dinilai, guru dapat mengetahui tingkat perkembangan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi penilaian autentik yang dilaksanakan oleh guru terutama kelas IV di MI Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Binangun Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan pennelitian kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini yakni guru kelas IV MI Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Binangun. Objek dari penelitian ini yakni penerapan penilaian autentik di MI Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Binangun. Dalam melaksanakan penelitian, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi penilaian autentik kelas IV di MI Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Binangun Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap yang dilaksanakan dalam proses pembelajaran tematik sudah sesuai dengan pedoman kurikulum 2013 namun memang belum 100% sempurna sesuai dengan pedoman. Penilaian autentik di MI Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Binangun Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap sebagai berikut: (1) dalam melaksanakan penilaian autentik guru melakukan perencanaan dengan memetakan Kompetenti Dasar (KD) ke dalam beberapa mata pelajaran, kemudian guru menentukan dan menyusun instrumen penilaian, (2) penilaian autentik menilai semua aspek yang ada di dalam Kompetensi Inti (KI), (3) aspek pengetahuan guru menggunakan penilaian tes tertulis, lisan, dan penugasan, aspek sikap sosial dan spiritual guru menggunakan penilaian observasi, aspek keterampilan menggunakan unjuk kerja dan produk, (4) penilaian autentik menilaian proses dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Autentik, teknik penilaian autentik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 06 Feb 2019 08:41
Last Modified: 06 Feb 2019 08:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5008

Actions (login required)

View Item View Item