IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN KELAS IV MI MA’ARIF NU 1 KALITAPEN KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2018/2019

KHALIDA AULIA RISQI, NIM. 1423305244 (2018) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN KELAS IV MI MA’ARIF NU 1 KALITAPEN KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
JUDUL_BAB 1_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA 1.pdf

Download (862kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL KHALIDAH 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pendekatan saintifik merupakan proses pembelajaran yang menggunakan proses berfikir ilmiah. Pendekatan saintifik terdiri atas kegiatan mengamati, merumuskan pertanyaan, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan dengan tujuan untuk memperoleh pengetahuan, ketrampilan, dan sikap pada peserta didik. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu “Bagaimana Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsa Kelas IV MI Ma’arif NU 1 Kalitapen Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas?”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang implementasi atau penerapan pendekatan saintifik dalam tema indahnya kebersamaan Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsa kelas IV MI Ma’arif NU 1 Kalitapen. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait implementasi pendekatan saintifik pada tema indahnya kebersamaan. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan Model Miles and Huberman, yang terdiri dari: Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display) dan Verifikasi (Conclusion Drawing). Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pendekatan saintifik di kelas IV tema indahnya kebersamaan subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsa dengan mengimplementasikan kelima aspek pendekatan saintifik yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan sudah diterapkan dengan baik namun masih terdapat banyak kekurangan yang perlu diperbaiki. Dari kelima aspek pendekatan saintifik tersebut masih terdapat beberapa aspek yang di dalam pelaksanaannya masih banyak kekurangan dan belum sesuai dengan langkahlangkah. Implementasi pendekatan saintifik pada tema indahnya kebersamaan kelas IV subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsa juga memiliki kekurangan yang disebabkan karena dua faktor, yaitu guru dan siswa. Dengan mengimplementasikan pendekatan saintifik ini dalam pembelajaran tematik, siswa terlihat aktif dalam pelaksanaan pembelajaran dan lebih paham dalam memahami pembelajaran Karena sebelumnya sekolah menerapkan kurikulum KTSP yang dimana siswa lebih banyak mendengarkan guru mengajar sedangkan pada Kurikulum 2013 siswa dituntut lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran yang tujuannya adalah agar siswa dapat lebih paham mengenai materi yang diajarkan guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Saintifik, Tematik.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 07 Feb 2019 00:30
Last Modified: 07 Feb 2019 00:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4999

Actions (login required)

View Item View Item