METODE PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI MI SALAFIYAH RIYADLATUL ‘UQUL (MISRU) DANASRI KECAMATAN NUSAWUNGU KABUPATEN CILACAP

TRI WAHYUNI, NIM. 1423305265 (2018) METODE PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI MI SALAFIYAH RIYADLATUL ‘UQUL (MISRU) DANASRI KECAMATAN NUSAWUNGU KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (949kB) | Preview
[img] Text
METODE PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI MI SALAFIYAH RIYAD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Berbagai macam metode pembelajaran Bahasa Inggris diterapkan di sekolahsekolah di Indonesia baik formal maupun non formal diantaranya Metode Langsung (Direct Method),Mim-Mem Method, Metode Audiolingual (Audiolingual Method), Songs and Games, Reading Method (Metode Membaca). Metode ini semua sudah diterapkan di MI Salafiyah Riyadlatul „Uqul (MISRU) Danasri Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap dalam pembelajaran mata pelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses efektifitas penerapan metode pembelajaran keterampilan membaca dalam kegiatan belajar mengajar Bahasa Inggris di MI Salafiyah Riyadlatul „Uqul (MISRU) Danasri Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research), yaitu peneliti langsung ke lapangan untuk memperoleh informasiterkait penerapan metode pembelajaran keterampilan membaca Bahasa Inggris. Teknik yangdigunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dandokumentasi. Peneliti menganalisis data menggunakan teknik analisis modelMiles dan Humberman, yang meliputi reduksi data, deskripsi data, display data,dan verifikasi data. Dari hasil penelitian metode pembelajaran Bahasa Inggris yang digunakan dalam keterampilan membaca terdiri dari Metode eja (Spell Method), Metode Bunyi, Metode suku Kata, metode Global, dan Metode SAS (Struktur Analisa Sintesisa). Pada dasarnya metode yang digunakan guru Bahasa Inggris di MI Salafiyah Riyadlatul „Uqul (MISRU) Danasri Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap sudah cukup baik, sebagian besar langkah-langkah dari penerapan setiap metode sudah sesuai dengan landasan teori pembelajaran membaca. Dengan demikian, metode pembelajaran membaca tepat diterapkan dalam proses belajar mengajar Bahasa Inggris, sebab dengan metode pembelajaran keterampilan membaca ini siswa akan lebih mudah untuk membaca dan melatih siswa dalam mengeksplorasikan kemampuannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MetodePembelajaran, Keterampilan Membaca, MI Salafiyah Riyadlatul, Uqul (MISRU) Danasri
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Reading
400 Language > 420 English and Old English > 420.7 Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 05 Feb 2019 23:59
Last Modified: 05 Feb 2019 23:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4995

Actions (login required)

View Item View Item