IMPLEMENTASI METODE INQUIRY PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VI DI SDIT ALAM HARAPAN UMMAT PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

RISDA PERWITASARI, NIM. 1423305121 (2019) IMPLEMENTASI METODE INQUIRY PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VI DI SDIT ALAM HARAPAN UMMAT PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (647kB) | Preview
[img] Text
RISDA PERWITASARI_IMPLEMENTASI METODE INQUIRY PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VI DI SDIT ALAM HARAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam sistem pembelajaran, metode mengajar merupakan bagian integral yang tidak bisa dipisahkan, komponen-komponen pengajaran terjalin sebagai suatu sistem yang saling berhubungan dan saling mempengaruhi satu sama lain. Metode dipilih sebagai jembatan atau media transformasi pelajaran terhadap tujuan yang ingin dicapai. Metode pembelajaran adalah seluruh perencanaan dan prosedur maupun langkah-langkah kegiatan pembelajaran termasuk pilihan cara penilaian yang akan dilaksanakan. Metode pembelajaran dapat dianggap sebagai sesuatu prosedur atau proses yang teratur untuk melakukan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode inquiry pada mata pelajaran IPA kelas VI di SDIT Alam Harapan Ummat Purbalingga Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan jenis penelitiannya kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yang terdiri atas tiga alur kegiatan secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik ini digunakan sebagai acuan penulisan hasil penelitian dan mempermudah dalam memahami deskripsi yang disajikan sebagai hasil akhir dari penelitian sehingga dapat memberikan pemahaman yang semestinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode inquiry pada mata pelajaran IPA di SDIT Alam Harapan Ummat Purbalinggan dilakukan sesuai dengan prosedur pembelajaran inquiry. Pada tahap perencanaan, guru menyiapkan silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja siswa dan media pembelajaran. Metode inquiry yang dilaksanakan guru meliputi langkah-langkah (1) Orientasi, (2) Merumuskan masalah, (3) Merumuskan hipotesis, (4) Mengumpulkan data, (5) Menguji hipotesis, (6) Menarik kesimpulan. Kendala-kendala yang dihadapi guru dan siswa dalam penerapan metode inquiry dalam pembelajaran yaitu waktu yang terbatas, banyak siswa yang ramai sehingga mengganggu konsentrasi belajar temannya yang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Inquiry, Mata Pelajaran IPA, metode pembelajaran, teaching methode
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 02 Feb 2019 02:51
Last Modified: 02 Feb 2019 02:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4989

Actions (login required)

View Item View Item