IMPLEMENTASI KETERAMPILAN MEMBERI PENGUATAN (REINFORCEMENT) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS II MI MA’ARIF AL-FATAH PURWODADI KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

MALICHATUN, WAHYU UTAMI (2016) IMPLEMENTASI KETERAMPILAN MEMBERI PENGUATAN (REINFORCEMENT) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS II MI MA’ARIF AL-FATAH PURWODADI KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (784kB) | Preview
[img] Text
MALICHATUN WAHYU UTAMI_Implementasi Keterampilan Memberi Penguatan (Reinforcement) pada Pembelaj.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dalam proses mengajar terdapat beberapa komponen salah satunya mengajar sebagai keterampilan. Keterampilan dibutuhkan oleh guru agar pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Salah satu keterampilan mengajar yang harus dimiliki guru adalah keterampilan memberi penguatan. Memberi penguatan bertujuan untuk meningkatkan perhatian dan motivasi siswa serta meningkatkan keaktifan siswa. Namun dalam prakteknya, banyak ditemukan guru hanya memberi komentar negatif misalnya pada pembelajaran matematika. Selama ini terbentuk kesan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit sehingga banyak siswa yang tidak suka dengan pelajaran matematika, padahal unsur matematika selalu menyertai dalam kehidupan sehari-hari. Untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa, maka guru harus memiliki keterampilan memberi penguatan agar tujuan dari memberi penguatan dapat tercapai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagamaimana implementasi keterampilan memberi penguatan (reinforcement) pada pembelajaran matematika di kelas II MI Ma’arif Al-Fatah Purwodadi Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2015/2016?”. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu guru kelas dan siswa kelas II. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh penulis yaitu dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, dan verifikasi data. Hasil penelitian implementasi keterampilan memberi penguatan (reinforcement) pada pembelajaran matematika di kelas II MI Ma’arif Al-Fatah Purwodadi Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 20015/2016, sudah terlaksana dengan baik karena guru sedari awal membuat perencanaan terlebih dahulu, dari menentukan waktu, jenis penguatan, dan bagaimana cara memberi penguatan. Serta pelaksanaanya sudah sesuai dengan apa yang sudah direncanakan awal dengan berpedoman pada tujuan, prinsip, dan jenis serta cara dalam memberi penguatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan memberi penguatan (reinforcement), pembelajaran matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 22 Jul 2016 00:22
Last Modified: 22 Jul 2016 00:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/496

Actions (login required)

View Item View Item