STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INOVATIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI Kelas IV SD NEGERI KARANGBENDA 01 KABUPATEN CILACAP

FERI LISTIANA, 1423301318 STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INOVATIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI Kelas IV SD NEGERI KARANGBENDA 01 KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
JUDUL, BAB I , BAB V DAN DAFTRA PUSTAKA.pdf

Download (842kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi full.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Strategi merupakan salah satu komponen yang penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Strategi pembelajaran PAIKEM didesain untuk menciptakan suasana pembelajaran yang merangsang keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa mempunyai sikap kemandirian, mampu berpikir kritis, dan kreatif. Maka dari itu guru dituntut untuk kreatif melakukan berbagai strategi yang sesuai dengan materi dan diharapkan dapat diterima dengan mudah oleh siswa. Salah satu strategi yang dapat diterapkan adalah strategi pembelajaran aktif. Strategi PAIKEM adalah suatu pendekatan mengajar yang digunakan bersama metode tertentu dan berbagai media pengajaran yang disertai penataan lingkungan dengan baik sehingga proses pembelajaraan menjadi aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Pendidikan Agama Islam adalah suatu bidang ilmu yang merupakan alat pikir, berkomunikasi, alat untuk memecahkan berbagai persoalan praktis, yang unsur-unsurnya yaitu analisis, pemahaman, hafalan, generalitas dan individualitas serta mempunyai cabang-cabang antara lain menghafalkan surah Al-Falaq, Al-Ma’un serta Al-Fil, Kisah para Nabi, perilaku terpuji dan ketentuan Shalat. Jadi, strategi PAIKEM dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah strategi pembelajaran aktif, inovatif, efektif dan menyenangkan yang dikemas agar proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi menarik dan tidak membosankan bagi siswa. Fokus pada penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan strategi PAIKEM dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV SD Negeri Karangbenda 01 Kecamatan Adipala Cilacap Tahun Pelajaran 2018/2019? Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang menggunakan penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian adalah guru PAI, Kepala Sekolah dan semua siswa-siswi SD Negeri Karangbenda 01 kecamatan Adipala. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Penelitian ini menunjukkan adanya gambaran tentang penerapan strategi PAIKEM dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islma di kelas IV. Dalam kegiatan ini, dilakukan melalui 4 (empat) tahapan yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan serta pengawasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi PAIKEM, Pembelajran PAI, Kelas IV, dan SD Negeri Karangbenda Kecamatan Adipala Cilacap.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 23 Jan 2019 06:56
Last Modified: 23 Jan 2019 06:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4945

Actions (login required)

View Item View Item