NENTI RAHAYU, 1423305117 PENGEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI MI NEGERI 1 PURBALINGGA KECAMATAN KERTANEGARA KABUPATEN PURBLINGGA. Skripsi thesis, UNSPECIFIED.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (781kB) | Preview |
|
|
Text
NENTI RAHAYU_PENGEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI .pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Sejak lahir anak sudah dianugerahi sebuah kecerdasaan dan terus menerus dapat dikembangkan hingga dewasa. Tidak ada anak yang bodoh hanya saja setiap anak memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda-beda. Salah satu cara untuk mengembangkan kecerdasan pada anak adalah mengikutsertakan anak dalam kegiatan ekstrakurikuler. Dengan mengikuti ekstrakurikuler di sekolah maka anak dapat mengembangkan kecerdasan yang dimilikinya. Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang mampu mengembangkan kecerdasan kinestetiknya adalah ekstrakurikuler seni tari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang bagaimana pengembangan kecerdasan kinestetik siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari di MI Negeri 1 Purbalingga. Penelitian ini merupakan jenis pelitian lapangan atau field research. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala sekolah serta pembina sekaligus pelatih ekstrakurikuler seni tari. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah pengembangan kecerdasan kinestetik siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis pada penelitian ini adalah data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan/verivikasi). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan kecerdasan kinestetik siswa yang dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari, meliputi 4 (empat) cara, yaitu bergabung pada ekstrakurikuler seni tari, berlatih gerak dengan menirukan gerakan, berlatih menari, serta memantau perkembangan kinestetik siswa. Dalam hal ini siswa mampu mengembangkan komponen kecerdasan kinestetik dalam ekstrakurikuler seni tari yaitu koordinasi, keseimbangan, kelenturan dan kekuatan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan kecerdasan kinestetik, ekstrakurikuler seni tari |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Sdr Prakerin 123 |
Date Deposited: | 23 Jan 2019 06:16 |
Last Modified: | 23 Jan 2019 06:16 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4942 |
Actions (login required)
View Item |