KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMPELAJARI PERKALIAN dan PEMBAGIAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III di MI MA’ARIF NU DAWUHAN KULON TAHUN PELAJARAN 2018/2019

INDRI WULANDARI, NIM. 1423305151 (2018) KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMPELAJARI PERKALIAN dan PEMBAGIAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III di MI MA’ARIF NU DAWUHAN KULON TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTRA PUSTAKA.pdf

Download (862kB) | Preview
[img] Text
INDRI WULANDARI_KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMPELAJARI PE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada pembelajaran matematika terdapat siswa kelas III yang mengalami kesulitan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan-kesulitan belajar yang dialami siswa, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar, yang dialami siswa kelas III MI Ma’arif NU Dawuhan Kulon. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 26 siswa kelas III MI Ma’arif NU Dawuhan Kulon yang berkesulitan belajar matematika, guru kelas dan juga wali murid. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penulis dalam menganalisis data menggunakan model yang dikembangkan Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penatikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kesulitan belajar, pada pokok bahasan perkalian dan pembagian. Kesulitan yang dialami siswa dalam belajar matematika yaitu gangguan hubungan keruangan, abnormalitas persepsi visual, asosiasi visual motor, perserverasi, kesulitan mengenal dan memahami simbol, gangguan penghayatan tubuh, kesulitan dalam bahasa dan membaca, kesulitan memahami penjelasan dan maksud soal, kesulitan memahami konsep, dan kesulitan dalam perhitungan. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar adalah faktor internal diantaranya, faktor jasmani, minat belajar rendah, dan motivasi belajar rendah. Faktor eksternal diantaranya keluarga dengan kurangnya perhatian orang tuanya, dan pengaruh media elektronik seperti HP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kesulitan belajar, pembelajaran matematika, perkalian dan pembagian, kesulitan belajar matematika.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 23 Jan 2019 03:43
Last Modified: 28 Jan 2019 02:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4937

Actions (login required)

View Item View Item