KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MI MA’ARIF NU WINDUNEGARA KECAMATAN WANGON KABUPATEN BANYUMAS

ITSMI MAGHFIROH, NIM: 1423305109 (2018) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MI MA’ARIF NU WINDUNEGARA KECAMATAN WANGON KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (722kB) | Preview
[img] Text
ITSMI MAGHFIROH_KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MI MA’ARIF NU WINDUNEGARA KECAMATAN WANGON KABUPATEN BA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru yang didalamnya terdapat beberapa kompetensi diantaranya kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional. Dari sekian kompetensi yang ada yang dibahas adalah kompetensi pedagogik merupakan kemampuan dalam pengelolaan peserta didik meliputi (1) pemahaman wawasan guru akan landasan dan filsafat pendidikan; (2) guru memahaman potensi dan keberagaman peserta didik, sehingga dapat didesain strategi pelayanan belajar sesuai keunikan masing-masing peserta didik; (3) guru mampu mengembangkan kurikulum/ silabus baik dalam bentuk dokumen maupun implementasi dalam bentuk pengalaman belajar; (4) guru mampu menyusun rencana dan strategi pembelajaran berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar; (5) mampu melaksankan pembelajaran yang mendidik dengan suasana dialogis dan interaktif; (6) mampu melakukan evaluasi hasil belajar dengan memenuhi prosedure dan standar yang dipersyaratkan dan (7) mampu mengembangkan bakat dan minat peserta didik melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya . Penulis mengambil judul tentang Kompetensi Pedagogik Guru MI Ma’arif NU Windunegara Kecamatn Wangon Kabupaten Banyumas. Judul ini penulis susun bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kompetensi pedagogik guru MI Ma’arif NU Windunegara Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas. Peneliti ini menggunakan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan ialah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan teknik trigulasi penelitian menganalisis setiap data-data yang diperoleh dan menyisirnya untuk mendapatkan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan kompetensi pedagogik sudah terpenuhi oleh guru MI Ma’arif NU Windunegara Wangon Banyumas. Kompetensi tersebut dilakukan dengan Menguasai karakteristik peserta didik, menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, pengembangan kurikulum, kegiatan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pengembangan potensi peserta didik, komunikasi dengan peserta didik, penilaian dan evaluasi hasil belajar untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Guru MI Ma’arif NU Windunegara
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 23 Jan 2019 00:26
Last Modified: 23 Jan 2019 00:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4929

Actions (login required)

View Item View Item