KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MI MUHAMMADIYAH BEJI KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

Neni, Irnawati (2016) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MI MUHAMMADIYAH BEJI KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
NENI IRNAWATI_KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MI MUHAMMADIYAH BEJI KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUM.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Guru merupakan komponen paling menentukan dalam sistem pendidikan yang berpengaruh terhadap kualitas pendidikan. Guru yang tugasnya adalah mengajar harus mampu mengelola pembelajaran dengan baik, guru harus dapat menciptakan suasana pembelajaran yang efektif, menyenangkan dan mendidik. Guru harus dapat menguasai bahan ajar dengan baik selain itu, guru juga harus kreatif agar proses pembelajaran berlangsung menyenangkan. Oleh karena itu guru penting untuk melaksakan kompetensi pedagogik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Kompetensi Pedagogik Guru di MI Muhammadiyah Beji Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil lokasi penelitian di MI Muhammadiyah Beji Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah dan guru. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangakan dalam analisis data menggunakan teknik analisis data model Milles dan Huberman yang terdiridari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran di MI Muhammadiyah Beji Kedungbanteng Kabupaten Banyumas telah memenuhi kompetensi inti dari komponen kompetensi pedagogik guru dengan cukup baik sesuai dengan Undang-undang Sistem Pedidikan Nasional dan pendapat E. Mulyasa yang mengemukakan delapan komponen pedagogik yaitu pemahaman wawasan atau landasan kependidikan,pemahaman tentang peserta didik, pengembangan kurikulum/silabus, perancangan pembelajaran, pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pemanfaatan teknologi pembelajaran,Evaluasi hasil balajar, pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, MI Muhammadiyah Beji
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 21 Jul 2016 01:21
Last Modified: 21 Jul 2016 01:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/491

Actions (login required)

View Item View Item