ARUM SETIANINGSIH, NIM. 1423301261 (2018) UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK PENYANDANG AUTIS DI SLB C YAKUT PURWOKERTO SELATAN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (592kB) | Preview |
|
Text
UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK PENYANDANG AUTIS DI SLB C YAKUT PURWOKERTO SE_ATAN.pdf Restricted to Registered users only Download (836kB) |
Abstract
Setiap manusia dilahirkan memiliki kekurangan dan kelebihan masingmasing. Anak dengan perlakuan khusus seperti anak penderita autism juga membutuhkan pendidikan dan pembelajaran yang akan menunjang kebutuhannya akan ilmu pengetahuan. Selain sebagai pendidik, dalam menangani penderita autisme hendaknya guru mampu menjadi partner dalam proses berlangsungnya penyembuhan dan penanganan anak autis. Begitupun dalam pembelajaran berbasis agama Islam yang memiliki esensi penting bagi semua makhluk Tuhan yang beriman. Karenanya dalam mengajarkan pembelajaran PAI hendaknya guru PAI mampu meningkatkan motivasi belajar anak autis agar tujuan dari pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar anak autis dan upaya yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar anak penyandang autis di SLB C Yakut Purwokerto Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif guna melengkapi data dan membandingkan dengan data yang telah ditemukan, melalui observasi dan wawancara.. Data diperoleh dari kepala sekolah, guru PAI, TU. Melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan analisis dokumen. Dalam menganalisis data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari kegiatan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar anak autis di SLB C Yakut Purwokerto Selatan terdiri dari dua faktor yaitu: faktor intrinsik dan ekstrinsik. Faktor intrinsik merupakan faktor yang berasal dari diri siswa sendiri, faktor intrinsik yang mempengaruhi motivasi belajar anak autis adalah keadaan jasmani, minat belajar dan emosional anak. Sedangkan faktor ekstrinsik atau faktor yang berasal dari luar diri siswa yang berpengaruh terhadap motivasi belajar anak autis berasal dari guru dan orang tua. Adapun upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar anak autis adalah dengan: Melakukan pendekatan terhadap anak autis, menciptakan suasana kelas yang kondusif, menggunakan metode mengajar tanya jawab, penggunaan media visual dalam pembelajaran, reward dan punishment, dan menyebut nama dalam memberi instruksi dan arahan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Upaya guru, peningkatkan motivasi belajar, anak autis, belajar anak autis |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sdr Prakerin 123 |
Date Deposited: | 18 Jan 2019 03:05 |
Last Modified: | 18 Jan 2019 03:05 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4908 |
Actions (login required)
View Item |