Strategi Active Learning pada Pembelajaran Alfiyah di Kelas IV Madrasah Diniyyah Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas TahunPelajaran 2017/2018.

DIAN FURHATI, 1423302056 (2018) Strategi Active Learning pada Pembelajaran Alfiyah di Kelas IV Madrasah Diniyyah Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas TahunPelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (766kB) | Preview
[img] Text
DIAN FURHATI_STRATEGI ACTIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN ALF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaranalfiyah yang sudahdiberikan di kelas IV Madrasah DiniyyahPondokPesantrenAth-Thohiriyyahsangatberpengaruhdalam proses belajarmengajar. Strategi yang digunakan guru pun sangatpentinguntuksantrimenerimapelajaran.Bagisantripelajarannahwuadalahpelajaran yang sangatsulit, sehinggatidakmudahbagi guru dalammenyampaikanpelajarantanpaadanyastrategi yang bervariasi. Rumusanmasalah yang akandijawabdalampenelitianiniadalahbagaimanastrategi active learningpadapembelajaranalfiyahdi kelas IV Madrasah DiniyyahPondokPesantrenAth-thohiriyyah, KecamatanKedungbanteng, KabupatenBanyumastahunpelajaran 2017/2018? Penelitianinitermasukpenelitianlapangan.Penelitianinimenggambarkankeadaan yang sebenarnyadalam proses pembelajaranalfiyah di kelas IV Madrasah DiniyyahPondokPesantrenAth-thohiriyyah, KecamatanKedungbanteng, KabupatenBanyumas. Metode yang penulisgunakanuntukmemperoleh data-data adalahwawancara, observasi, dandokumentasi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajaranalfiyah di kelas IV Madrasah DiniyyahPondokPesantrenAth-thohiriyyah, KecamatanKedungbanteng, KabupatenBanyumasdilakukandelapan jampelajarandalamseminggu. Dalam proses pembelajaranalfiyah guru menggunakanbeberapastrategi, yaitu: learning contrac (kontrakbelajar), debataktif (active debate), membacakeras (Reading Aloud),timpendengar (Listening Teams), memberipertanyaandanmenerimajawaban (Giving question and getting answers),danresume kelompok (Group Resume). Secara global pembelajaranalfiyahituberguna agar parasantriberkembangdalamberbagaikemampuansepertimenyimak, berbicara, membaca, danmenulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: StrategiActive Learning, PembelajaranAlfiyah.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 29 Nov 2018 04:02
Last Modified: 29 Nov 2018 04:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4794

Actions (login required)

View Item View Item